Selasa, 26 Maret 2019 | 19.37 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Institut Pertanian Bogor dukung Kementan untuk program Kedauladan Pangan

Institut Pertanian Bogor dukung Kementan untuk program Kedauladan Pangan

Senin, 28 Januari 2019 - 14:37 WIB

IMG-3703

Illustrasi: Sawah Lodok, di Kabupaten Manggarai, NTT.

JAKARTA, kini.co.id – INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) terus mengembangkan inovasi untuk ikut mendukung program Kementerian Pertanian untuk Kedauladan Pangan. Hal itu dilakukan melalui berbagai program strategis untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan memberantas mafia.

Rektor IPB Arif Satria, menyebut saat ini diperlukan sinergi untuk mencapai tujuan positif. Misalnya, dia mencontohkan bahwa sinergi antara civitas akademika dan lembaga pemerintah harus ditingkatkan.

Menurut Arif, sinergi untuk kebaikan pertanian Indonesia harus harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini.

Oleh sebab itu, ucap Arif, sektor pertanian nasional yang ingin menuju kedaulatan, kemandirian, dan tanpa mafia perlu memanfaatkan juga sistem Revolusi Industri 4.0.

“Revolusi industri 4.0 mau tidak mau, suka tidak suka, harus dilakukan. Sekarang eranya dari premium ke freemium. Semuanya dengan kemajuan teknologi menjadi cepat dan murah,” kata Arif, Senin (28/1).

Menurut Arif, pihaknya kini telah mulai membangun sistem berbasis Revolusi Industri 4.0 demi membantu Kementan. Saat ini IPB telah meluncurkan konsep AgroMaritim 4.0 sebagai bagian solusi masalah pertanian nasional dan merealisasikan kedaulatan pangan berbasis teknologi.

“Konkretnya, di hulu mengarah ke precision farming, best management, appropriate fertilizer, bibit unggul dan sampai dengan digital logistic. Jadi, pertanian memanfaatkan revolusi 4.0,” ucap Arif.

Sistem teknologi tersebut, sambung Arif, dapat menjadi landasan komitmen untuk mengantarkan pemanfaatan teknologi khususnya di sektor pertanian sesuai zamannya.

“Teknologi blockchain juga sudah mulai digunakan. Dengan teknologi itu, semua bisa saling mengontrol informasi dengan perkembangan teknologi,” kata Arif.

Menurut Arif, pemanfaatan Revolusi Industri 4.0 di pertanian harus dilaksanakam serba tepat. Misalnya, pemupukan, penggunaan alat pertanian, penggunaan bibit unggul dan agrologistik.

Dengan demikian, segala proses dari hulu, hilir, produsen, processing, perdagangan, tak lagi tersentralisasi dan mampu memperluas cakupan informasi melalui website untuk melawan mafia pangan.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman, menurut Arif, diharapkan tidak lagi tunggal melawan mafia pangan. Petani juga, katanya, dapat ikut mengawasi karena dibantu teknologi.

“Petani bisa mengawasi pertaniannya. Tercipta transparansi. Sistem ini sedang dikembangkan tentang supaya mafia pangan tidak ada lagi,” tambah Arif.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Ilmiah - Senin, 21 Januari 2019 - 14:27 WIB

Jangan lewatkan Supermoon malam ini

KEJADIAN alam yang disebut supermoon atau bulan purnama super akan terlihat di langit nusantara malam ini. Ada hal yang menarik, ...
Seluler - Senin, 21 Januari 2019 - 13:14 WIB

Diskon besar-besaran untuk iPhone SE

MOMENTUM peluncuran trio iPhone XS, XS Max, dan XR pada September 2018 lalu, perusahaan telepon genggam Apple mengumumkan penyetopan produksi ...
Tips - Minggu, 20 Januari 2019 - 12:03 WIB

Wow, rekening listrik pemilik mobil listrik dapat diskon

DALAM waktu dekat, PT PLN (Persero) berencana akan memberi potongan harga atau diskon pada rekening listrik atau diskon pada penggunaan ...
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...
Seluler - Sabtu, 5 Januari 2019 - 23:07 WIB

Oppo R17 Pro, smartphone mewah dengan deretan fitur canggih

VENDOR smartphone asal China Oppo, akhirnya merilis perangkat terbarunya di Indonesia yakni Oppo R17 Pro. Perangkat Oppo R17 Pro ini ...