Kamis, 21 Februari 2019 | 00.48 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Tips>Wow, rekening listrik pemilik mobil listrik dapat diskon

Wow, rekening listrik pemilik mobil listrik dapat diskon

Minggu, 20 Januari 2019 - 12:03 WIB

IMG-3693

Mantan Meneg BUMN Dahlan Iskan bersama mobil listriknya.

JAKARTA, kini.co.id – DALAM waktu dekat, PT PLN (Persero) berencana akan memberi potongan harga atau diskon pada rekening listrik atau diskon pada penggunaan listrik rumah. Namun bukan kepada semua pelanggan, tetapi hanya kepada konsumen yang memiliki mobil listrik.

Rencana pemberian potongan harga itu disampaikan Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi F Roekman. Dia menyebut, berdasarkan pengalaman negara yang telah menggunakan mobil listrik, sebanyak 85% pengguna mobil listrik melakukan pengisian daya di rumah. Sisanya, mereka melakukan pengisian di pusat perbelanjaan atau kantor.

”Dari pengalaman beberapa negara yang sudah mulai mobil listrik duluan itu, sebanyak 85% di-charge di rumah, 10% ngecharge di tempat lain, seperti kantor, mal yang butuh 1-4 jam. Sebab mereka di rumah bisa 6-8 jam,” ujarnya kepada wartawan Sabtu (19/1/2019).

Sementara itu, menurut Syofvi, beban listrik PLN turun mulai pukul 22.00 hingga pukul 04.00. Atas pertimbangan itu, PLN akan memberikan potongan harga di jam-jam tersebut.

”Kalau listrik di rumah Rp1.467 per kWh, masih diberi diskon, tetapi jika yang punya mobil listrik akan diberikan diskon saat nge-charge mobil listrik. Kita kan punya smart meter, kita tahu nge-charge jam berapa, jam berapa. Jam itu kita diskon,” ujarnya.

Diskon itu, menurut Syofvi lagi, tidak membebani PLN. Sebab, kata Syofvi, PLN tak perlu melakukan investasi baru karena beban PLN turun saat malam. Justru, kata dia, beban pembangkit PLN stabil dengan charge mobil listrik di malam hari itu.

Selain diskon penggunaan, lanjut Syofvi, PLN juga akan memberi diskon pada peningkatan daya listrik. ”Berarti kalau nge-charge ibarat nambah AC, 1, 2, 3 akan tambah daya, PLN akan berikan (diskon) tambah daya,” ujarnya.

Namun diakuinya, PLN sendiri akan memberikan diskon itu usai pemerintah merilis Peraturan Presiden (Perpres) tenang mobil listrik.

”Kami masih menunggu peraturan pemerintah mobil listrik. Belum lama ini presiden telah membicarakan dalam rapat untuk melihat kapan bisa dikeluarkan (peraturan tentang mobil listrik). Pemerintah mengeluarkan peraturan itu, baru kemudian kita akan men-diskon (penggunaan listrik),” ujarnya.

Di sisi lain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sebelumnya mengatakan, Perpres mobil listrik akan rilis tahun ini. Dia menyebut, tak ada kendala dalam penerbitan Perpres ini.

”Tidak ada kendala, dan saya kira ini difinalkan, terus diparaf semua, dinaikkan ke Bapak Presiden. Saya kira cepat kok, mestinya nggak sampai lah kalau sampai akhir tahun, sebenar lagi lah, ditunggu,” kata Jonan Jumat lalu.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Senin, 28 Januari 2019 - 14:37 WIB

Institut Pertanian Bogor dukung Kementan untuk program Kedauladan Pangan

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) terus mengembangkan inovasi untuk ikut mendukung program Kementerian Pertanian untuk Kedauladan Pangan. Hal itu dilakukan melalui ...
Ilmiah - Senin, 21 Januari 2019 - 14:27 WIB

Jangan lewatkan Supermoon malam ini

KEJADIAN alam yang disebut supermoon atau bulan purnama super akan terlihat di langit nusantara malam ini. Ada hal yang menarik, ...
Seluler - Senin, 21 Januari 2019 - 13:14 WIB

Diskon besar-besaran untuk iPhone SE

MOMENTUM peluncuran trio iPhone XS, XS Max, dan XR pada September 2018 lalu, perusahaan telepon genggam Apple mengumumkan penyetopan produksi ...
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...
Seluler - Sabtu, 5 Januari 2019 - 23:07 WIB

Oppo R17 Pro, smartphone mewah dengan deretan fitur canggih

VENDOR smartphone asal China Oppo, akhirnya merilis perangkat terbarunya di Indonesia yakni Oppo R17 Pro. Perangkat Oppo R17 Pro ini ...