Jumat, 18 Januari 2019 | 16.58 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Seluler>Ada aplikasi HP memudahkan caleg meraih suara

Ada aplikasi HP memudahkan caleg meraih suara

Kamis, 13 Desember 2018 - 23:32 WIB

IMG-3666

Aplikasi untuk Caleg di HP.

JAKARTA, kini.co.id – Sebentar lagi 2018 akan segera berakhir. Tandanya harus bersiap-siap menyongsong 2019 yang sering disebut tahun politik. Sebab, tahun depan Indonesia akan menggelar pemilu serentak.

Berkaca dari sejarah, dalam pemilu sering kali ditemui kecurangan dalam pemilihan umum ataupun legislatif. Maka dari itu, harus ada penjagaan agar para politisi maupun masyarakat pendukung untuk bersikap transparan dan bersih dalam berpolitik.

Sebagai solusi agar terbentuk transparansi dalam berpolitik adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Teknologi digital diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kepercayaan publik dalam proses demokrasi.

Kini telah hadir sebuah aplikasi berbasis sistem informasi bernama PetaPolitika, khususnya bagi calon legislatif (caleg) yang ingin memantau sekaligus memetakan para pendukungnya dari berbagai wilayah.

Aplikasi ini juga dapat mengintegrasikan database penduduk di Indonesia dengan database penduduk di wilayah pemilihan dengan akurat hingga tingkat TPS sesuai DPT 2018 sehingga tidak perlu melakukan print out PDF DPT 2018 dan sibuk dengan kertas-kertas daftar DPT per TPS. Semua ada di genggaman Anda dan mudah, murah, cepat, serta akurat.

Lewat aplikasi ini, para caleg dapat memiliki kontak pemilihan digital hanya dalam telepon genggam. Tim caleg dapat mendata siapa saja pendukungnya di wilayah hingga tingkat tersebut, bahkan bila perlu bisa mencatat nomor telepon pendukung. Data pendukung yang di-input akan otomatis dihitung secara statistik sampai dengan tingkat TPS sesuai DPT secara lebih efisien.

Sehingga para caleg pun bisa berstrategi dan mengambil keputusan dalam pendistribusian logistik atau menggerakkan tim suksesnya.

Selain memetakan pendukungnya, lewat aplikasi PetaPolitika, caleg dapat memantau hasil perolehan suara di manapun secara real time. Dengan cepat dan efisien, aplikasi ini akan mengukur kinerja tim pemenangan. Bahkan lebih jauh lagi, dapat mengamankan perolehan suara dengan menggunakan E-saksi dan real count.

Bahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang dikutip dari website petapolitika.id mengatakan peranan teknologi informasi sangat penting dalam pemilu.

“Teknologi informasi sangat penting dalam memenangkan pertarungan pilkada,” ujar Ridwan.

Sementara Bupati Bogor, Ade Yasin, mengaku merasa terbantu lewat aplikasi ini dalam berpolitik.

“Saya merasa sangat beruntung dan terbantu sekali oleh PetaPolitika dalam memenangkan pilkada di Kabupaten Bogor,” ucap Ade.

Jadi PetaPolitika adalah solusi teknologi informasi yang murah, mudah, efektif dan efisien dalam kampanye pemilihan legislatif, terutama untuk distribusi logistik yang tepat sasaran. Sehingga setiap rupiah yang dikeluarkan oleh caleg dapat dikonversikan ke dalam suara.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...
Seluler - Sabtu, 5 Januari 2019 - 23:07 WIB

Oppo R17 Pro, smartphone mewah dengan deretan fitur canggih

VENDOR smartphone asal China Oppo, akhirnya merilis perangkat terbarunya di Indonesia yakni Oppo R17 Pro. Perangkat Oppo R17 Pro ini ...
Teknologi - Sabtu, 5 Januari 2019 - 22:29 WIB

Danau Subglasial seluas Jakbar di Antartika dibor ilmuwan

ILMUWAN yang tergabung dalam proyek Subglacial Antarctic Lakes Scientific Access (SALSA) melakukan pengeboran dengan kedalaman hampir 1,1 kilometer di danau ...
Ilmiah - Minggu, 30 Desember 2018 - 00:07 WIB

Status awas Anak Krakatau adalah hoaks

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan tidak benar status Gunung Anak Krakatau telah meningkat jadi Awas atau level IV. Status ...
Ilmiah - Senin, 24 Desember 2018 - 17:28 WIB

Mbah Rono: Anak Krakatau belum stabil, rawan longsor

KONDISI badan Gunung Anak Krakatau masih belum stabil saat ini. Gunung api laut itu berpotensi kembali longsor dan menyebabkan tsunami ...