Selasa, 11 Desember 2018 | 00.43 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Ilmiah>Hindari! 5 kesalahan sebelum tidur yang sering dilakukan

Hindari! 5 kesalahan sebelum tidur yang sering dilakukan

Rabu, 5 Desember 2018 - 00:34 WIB

IMG-3642

Kesalahan dalam tidur.

JAKARTA, kini.co.id – ISTIRAHAT merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur cukup saat malam hari, sekitar tujuh hingga sembilan jam.

Tidur nyenyak dan cukup saja tidak cukup. Ternyata ada beberapa kesalahan yang secara sadar sering kita lakukan sebelum tidur yang membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

Apa saja? Berikut kesalahan yang sering dilakukan sebelum tidur yang telah tim detikHealth rangkum dari berbagai sumber.

Mendengkur

Mendengkur atau ngorok mengacu pada kebiasaan seseorang saat tidur. Nggak jarang kebiasaan ini dianggap sepele, padahal mendengkur adalah salah satu tanda penyakit jantung.

Kondisi ini mempengaruhi pola pernapasan saat tidur yang menyebabkan aliran oksigen berkurang. Sebagian orang yang mendengkur dengan keras juga alami obstructive sleep apnea (OSA) atau apnea tidur obstruktif atau napas yang seringkali terhenti ketika tidur.

Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, Chicago, mendengkur dan apnea tidur menyebabkan gangguan fungsi jantung pada wanita lebih besar daripada pria.

“Kami menemukan bahwa parameter jantung pada wanita tampaknya lebih mudah dipengaruhi oleh penyakit dan wanita yang mendengkur atau memiliki apnea tidur beresiko lebih besar terkena penyakit jantung,” kata peneliti Dr. Adrian Curta, dikutip dari Medical News Today.

Curta, sapaannya, mendesak mereka yang mendengkur saat tidur khususnya wanita untuk mencari pengobatan. Ia mendorong para pasangan untuk mengamati pola tidur satu sama lain khususnya ketika mereka memiliki kebiasaan mendengkur.

“Jika tahu memiliki kebiasaan mendengkur, ada baiknya meminta pasangan untuk mengamati polanya dan melihat apakah terjadi penghentian napas untuk sementara waktu,” tutupnya.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Sabtu, 8 Desember 2018 - 20:33 WIB

Pada 2019 RI ambil-alih ruang udara Batam dan Natuna dari Singapura

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Flight Information Region (FIR) sektor A yang mencakup Batam dan Natuna akan diambil alih ...
Seluler - Kamis, 6 Desember 2018 - 17:21 WIB

Jaringan Internet Hilang, Ini Kata Telkomsel

Jaringan internet atau layanan data provider Telkomsel terputus di beberapa wilayah Sumatera dan Aceh. Hal itu membuat warga kesal karena ...
Seluler - Kamis, 6 Desember 2018 - 17:07 WIB

Sinyal Internet Telkomsel Hilang, Warga Medan Kesal

Warga Medan sedang dikesalkan dengan hilangnya jaringan internet provider Telkomsel di ponsel mereka.Jaringan internet diketahui mendadak hilang pada Kamis (6/12/2018) ...
Teknologi - Rabu, 5 Desember 2018 - 00:23 WIB

Jerman pecahkan rekor dunia pembuatan pohon Natal dari krat

SEBUAH kota di Jerman, yakni kota Gera, yakni di Jerman bagian timur, kini tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk pohon ...
Seluler - Jumat, 30 November 2018 - 13:12 WIB

Ram 6 GB dan Usung Android 9 Pie, Begini Spesifikasi Nokia 8.1

Satu lagi ponsel Android yang akan meramaikan bursa smartphone akan hadir pekan depan. Ia adalah Nokia 8.1 "Pheonix" yang akan ...
Pendidikan - Kamis, 22 November 2018 - 19:45 WIB

Empat dosen radikal harus memilih NKRI atau dipecat dari PNS

MENTERI Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir membenarkan temuan Badan Intelejen Negara (BIN) yang menyebutkan tujuh perguruan ...