Jumat, 18 Januari 2019 | 16.57 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Ilmiah>Hindari! 5 kesalahan sebelum tidur yang sering dilakukan

Hindari! 5 kesalahan sebelum tidur yang sering dilakukan

Rabu, 5 Desember 2018 - 00:34 WIB

IMG-3642

Kesalahan dalam tidur.

JAKARTA, kini.co.id – ISTIRAHAT merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur cukup saat malam hari, sekitar tujuh hingga sembilan jam.

Tidur nyenyak dan cukup saja tidak cukup. Ternyata ada beberapa kesalahan yang secara sadar sering kita lakukan sebelum tidur yang membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

Apa saja? Berikut kesalahan yang sering dilakukan sebelum tidur yang telah tim detikHealth rangkum dari berbagai sumber.

Mendengkur

Mendengkur atau ngorok mengacu pada kebiasaan seseorang saat tidur. Nggak jarang kebiasaan ini dianggap sepele, padahal mendengkur adalah salah satu tanda penyakit jantung.

Kondisi ini mempengaruhi pola pernapasan saat tidur yang menyebabkan aliran oksigen berkurang. Sebagian orang yang mendengkur dengan keras juga alami obstructive sleep apnea (OSA) atau apnea tidur obstruktif atau napas yang seringkali terhenti ketika tidur.

Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, Chicago, mendengkur dan apnea tidur menyebabkan gangguan fungsi jantung pada wanita lebih besar daripada pria.

“Kami menemukan bahwa parameter jantung pada wanita tampaknya lebih mudah dipengaruhi oleh penyakit dan wanita yang mendengkur atau memiliki apnea tidur beresiko lebih besar terkena penyakit jantung,” kata peneliti Dr. Adrian Curta, dikutip dari Medical News Today.

Curta, sapaannya, mendesak mereka yang mendengkur saat tidur khususnya wanita untuk mencari pengobatan. Ia mendorong para pasangan untuk mengamati pola tidur satu sama lain khususnya ketika mereka memiliki kebiasaan mendengkur.

“Jika tahu memiliki kebiasaan mendengkur, ada baiknya meminta pasangan untuk mengamati polanya dan melihat apakah terjadi penghentian napas untuk sementara waktu,” tutupnya.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...
Seluler - Sabtu, 5 Januari 2019 - 23:07 WIB

Oppo R17 Pro, smartphone mewah dengan deretan fitur canggih

VENDOR smartphone asal China Oppo, akhirnya merilis perangkat terbarunya di Indonesia yakni Oppo R17 Pro. Perangkat Oppo R17 Pro ini ...
Teknologi - Sabtu, 5 Januari 2019 - 22:29 WIB

Danau Subglasial seluas Jakbar di Antartika dibor ilmuwan

ILMUWAN yang tergabung dalam proyek Subglacial Antarctic Lakes Scientific Access (SALSA) melakukan pengeboran dengan kedalaman hampir 1,1 kilometer di danau ...
Ilmiah - Minggu, 30 Desember 2018 - 00:07 WIB

Status awas Anak Krakatau adalah hoaks

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan tidak benar status Gunung Anak Krakatau telah meningkat jadi Awas atau level IV. Status ...
Ilmiah - Senin, 24 Desember 2018 - 17:28 WIB

Mbah Rono: Anak Krakatau belum stabil, rawan longsor

KONDISI badan Gunung Anak Krakatau masih belum stabil saat ini. Gunung api laut itu berpotensi kembali longsor dan menyebabkan tsunami ...