Kamis, 22 Augu 2019 | 14.32 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Pendidikan>Pendidikan Singapura alihkan penerimaan siswa dari basis prestasi ke bakat

Pendidikan Singapura alihkan penerimaan siswa dari basis prestasi ke bakat

Jumat, 16 November 2018 - 12:26 WIB

IMG-3627

Anak usia sekolah banya yang berbakat, namun sering kurang dalam prestasi. (Illustrasi).

SINGAPURA, kini.co.id – NEGARA berpenduduk kecil, namun maju, Singapura, dikenal memiliki standar pendidikan berbasis akademik tinggi kini telah banyak mengubah paradigma pendidikan mereka. Setelah merubah ‘wajah’ rapor siswa mereka dengan tidak lagi berbasis pada kompetisi akademik, kini mereka memberikan kesempatan lebih luas penerimaan siswa di sekolah jenjang menengah berbasis pada bakat ketimbang prestasi akademik.

Tahun ini, 3.000 siswa berhasil dalam tes penerimaan jenjang menengah melalui jalur DSA (Direct School Admission), naik dari 2.500 tahun lalu dengan praktik seleksi berbasis pada bakat/potensi siswa.

Melihat bakat bukan hanya akademik Kementerian Pendidikan (Ministry Of Education), seperti dilansir dari The Straits Times, mengatakan bahwa skema penerimaan ini telah dilaksanakan di lebih dari 90 persen sekolah menengah. MOE mengatakan sekolah saat ini telah menerapkan metode untuk mengidentifikasi bakat dan potensi siswa daripada hanya melihat portofolio dan prestasi akademik saja.

Mulai tahun depan, siswa dapat mengajukan permohonan untuk DSA secara online terpusat dan tidak lagi mendaftar ke masing-masing individu. Aplikasi juga akan diberikan secara gratis untuk mendorong lebih banyak murid dari latar belakang kurang mampu untuk mendaftar. Mengurangi jalur prestasi Skema ini sempat dikritik karena membuat ‘jatah’ jalur prestasi akademik, tanpa tes dengan nilai ujian, semakin berkurang.

Tahun lalu jalur prestasi akademik (IP) menyumbang 30 persen dari 3.800 pengajuan dan tahun ini telah dikonfirmasi turun 40 persen dari tahun lalu.

Setiap siswa akan diizinkan mendaftar ke hingga tiga sekolah. Mereka dapat menggunakan dua pilihan untuk diterapkan pada dua bidang bakat yang berbeda dari sekolah yang sama. Bahkan beberapa sekolah, seperti Institusi St Joseph, telah menghapus Tes Kemampuan Umum (Akademik) dan berfokus pada bakat lain.

Seorang juru bicara untuk Raffles Institution mengatakan bahwa mereka mencari karakter dan kepemimpinan melalui jalur DSA ini tahun depan. Tes berbasis seleksi tugas kreatif “RI menawarkan siswa berbakat kesempatan untuk bergabung dengan sekolah terlepas dari latar belakang mereka,” katanya.

Ia menambahkan bahwa siswa datang dari berbagai bidang dari mata pelajaran akademik hingga musik dan olahraga. Pengamat pendidikan dan juga dosen ekonomi Universitas Nasional Singapura, Kelvin Seah mengatakan, “Rintangannya sekarang lebih mudah untuk murid-murid ini karena fokusnya adalah pada mempertunjukkan bakat dan kekuatan mereka melalui tes berbasis seleksi seperti tugas kreatif dan eksperimen bila dibanding tes kemampuan umum.”

Institut Nasional Asosiasi Pendidikan, Profesor Jason Tan mengatakan, “Tanggung jawab terletak di pundak guru sekolah dasar dan kepala sekolah untuk menginformasikan hal ini dan membantu orang tua mengidentifikasi potensi dalam diri anak-anak mereka untuk membuat pilihan sekolah.”

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Senin, 28 Januari 2019 - 14:37 WIB

Institut Pertanian Bogor dukung Kementan untuk program Kedauladan Pangan

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) terus mengembangkan inovasi untuk ikut mendukung program Kementerian Pertanian untuk Kedauladan Pangan. Hal itu dilakukan melalui ...
Ilmiah - Senin, 21 Januari 2019 - 14:27 WIB

Jangan lewatkan Supermoon malam ini

KEJADIAN alam yang disebut supermoon atau bulan purnama super akan terlihat di langit nusantara malam ini. Ada hal yang menarik, ...
Seluler - Senin, 21 Januari 2019 - 13:14 WIB

Diskon besar-besaran untuk iPhone SE

MOMENTUM peluncuran trio iPhone XS, XS Max, dan XR pada September 2018 lalu, perusahaan telepon genggam Apple mengumumkan penyetopan produksi ...
Tips - Minggu, 20 Januari 2019 - 12:03 WIB

Wow, rekening listrik pemilik mobil listrik dapat diskon

DALAM waktu dekat, PT PLN (Persero) berencana akan memberi potongan harga atau diskon pada rekening listrik atau diskon pada penggunaan ...
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...