Selasa, 11 Desember 2018 | 01.01 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Rabu, 22 November 2017 - 15:11 WIB

IMG-3571

Beritasatu Plaza Jl Gatot Subroto, Jakarta. Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Situs Beritasatu Selasa (21/11) pagi sempat diretas dan mengalami injection script pada salah satu server ads-nya.

Peretas menginjeksikan secara ilegal script untuk mengaktifkan malware script web-base crypto-mining, sejenis situs untuk menambang mata uang digital yang sekarang sedang trending di kalangan pemburu digital currency.

Akibat kejadian ini, komputer para pengunjung atau pembaca mengalami kerja berlebih, karena secara otomatis kinerjanya berkurang karena digunakan untuk menambang digital currency oleh peretas.

Atas kejadian peretasan itu, tim internal media Lippo Grup itu langsung mengambil langkah membersihkan injection script yang diduga kuat disusupkan untuk menambang digital currency. Dalam waktu tidak lebih dari satu jam, server ads yang diretas telah berhasil dipulihkan.

Alhasil, sejak Selasa sekitar pukul 15.00 WIB, lubang yang dijebol peretas sudah berhasil ditutup dan pengunjung sudah bisa normal kembali tanpa terganggu kinerja komputernya.

Eksekutif Editor BeritaSatu Media Holdings, Anthony Wonsono menyatakan peretasan seperti injection script ini menjadi modus baru para penambang mata uang digital.

Mereka biasanya mengejar situs-situs yang ramai dikunjungi orang dengan tujuan utama memanfaatkannya sebagai mesin penambang mata uang digital. Makin ramai situsnya, makin disukai peretasnya.

“Atas kejadian kemarin pagi, kami atas nama manajemen dan redaksi meminta maaf kepada para pembaca dan pengunjung setia Beritasatu.com. Apresiasi kami sampaikan juga kepada teman-teman warganet yang aktif melaporkan kejadian ini kepada kami,” ujar Anthony dalam keterangan tertulisnya.

Peretasan dengan modus script injection untuk menambang mata uang digital adalah sebuah kejahatan baru di dunia media siber di Indonesia. Korbannya bisa menimpa siapa saja, karena para pelaku selalu mencoba menjebol situs-situs secara masif dan acak.

Tujuan utamanya mendapatkan keuntungan dari mencuri kinerja server yang terhubung dengan banyak komputer.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Sabtu, 8 Desember 2018 - 20:33 WIB

Pada 2019 RI ambil-alih ruang udara Batam dan Natuna dari Singapura

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Flight Information Region (FIR) sektor A yang mencakup Batam dan Natuna akan diambil alih ...
Seluler - Kamis, 6 Desember 2018 - 17:21 WIB

Jaringan Internet Hilang, Ini Kata Telkomsel

Jaringan internet atau layanan data provider Telkomsel terputus di beberapa wilayah Sumatera dan Aceh. Hal itu membuat warga kesal karena ...
Seluler - Kamis, 6 Desember 2018 - 17:07 WIB

Sinyal Internet Telkomsel Hilang, Warga Medan Kesal

Warga Medan sedang dikesalkan dengan hilangnya jaringan internet provider Telkomsel di ponsel mereka.Jaringan internet diketahui mendadak hilang pada Kamis (6/12/2018) ...
Ilmiah - Rabu, 5 Desember 2018 - 00:34 WIB

Hindari! 5 kesalahan sebelum tidur yang sering dilakukan

ISTIRAHAT merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur cukup saat malam hari, sekitar tujuh hingga ...
Teknologi - Rabu, 5 Desember 2018 - 00:23 WIB

Jerman pecahkan rekor dunia pembuatan pohon Natal dari krat

SEBUAH kota di Jerman, yakni kota Gera, yakni di Jerman bagian timur, kini tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk pohon ...
Seluler - Jumat, 30 November 2018 - 13:12 WIB

Ram 6 GB dan Usung Android 9 Pie, Begini Spesifikasi Nokia 8.1

Satu lagi ponsel Android yang akan meramaikan bursa smartphone akan hadir pekan depan. Ia adalah Nokia 8.1 "Pheonix" yang akan ...