Selasa, 21 Mei 2019 | 00.03 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Rabu, 22 November 2017 - 15:11 WIB

IMG-3571

Beritasatu Plaza Jl Gatot Subroto, Jakarta. Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Situs Beritasatu Selasa (21/11) pagi sempat diretas dan mengalami injection script pada salah satu server ads-nya.

Peretas menginjeksikan secara ilegal script untuk mengaktifkan malware script web-base crypto-mining, sejenis situs untuk menambang mata uang digital yang sekarang sedang trending di kalangan pemburu digital currency.

Akibat kejadian ini, komputer para pengunjung atau pembaca mengalami kerja berlebih, karena secara otomatis kinerjanya berkurang karena digunakan untuk menambang digital currency oleh peretas.

Atas kejadian peretasan itu, tim internal media Lippo Grup itu langsung mengambil langkah membersihkan injection script yang diduga kuat disusupkan untuk menambang digital currency. Dalam waktu tidak lebih dari satu jam, server ads yang diretas telah berhasil dipulihkan.

Alhasil, sejak Selasa sekitar pukul 15.00 WIB, lubang yang dijebol peretas sudah berhasil ditutup dan pengunjung sudah bisa normal kembali tanpa terganggu kinerja komputernya.

Eksekutif Editor BeritaSatu Media Holdings, Anthony Wonsono menyatakan peretasan seperti injection script ini menjadi modus baru para penambang mata uang digital.

Mereka biasanya mengejar situs-situs yang ramai dikunjungi orang dengan tujuan utama memanfaatkannya sebagai mesin penambang mata uang digital. Makin ramai situsnya, makin disukai peretasnya.

“Atas kejadian kemarin pagi, kami atas nama manajemen dan redaksi meminta maaf kepada para pembaca dan pengunjung setia Beritasatu.com. Apresiasi kami sampaikan juga kepada teman-teman warganet yang aktif melaporkan kejadian ini kepada kami,” ujar Anthony dalam keterangan tertulisnya.

Peretasan dengan modus script injection untuk menambang mata uang digital adalah sebuah kejahatan baru di dunia media siber di Indonesia. Korbannya bisa menimpa siapa saja, karena para pelaku selalu mencoba menjebol situs-situs secara masif dan acak.

Tujuan utamanya mendapatkan keuntungan dari mencuri kinerja server yang terhubung dengan banyak komputer.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Senin, 28 Januari 2019 - 14:37 WIB

Institut Pertanian Bogor dukung Kementan untuk program Kedauladan Pangan

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) terus mengembangkan inovasi untuk ikut mendukung program Kementerian Pertanian untuk Kedauladan Pangan. Hal itu dilakukan melalui ...
Ilmiah - Senin, 21 Januari 2019 - 14:27 WIB

Jangan lewatkan Supermoon malam ini

KEJADIAN alam yang disebut supermoon atau bulan purnama super akan terlihat di langit nusantara malam ini. Ada hal yang menarik, ...
Seluler - Senin, 21 Januari 2019 - 13:14 WIB

Diskon besar-besaran untuk iPhone SE

MOMENTUM peluncuran trio iPhone XS, XS Max, dan XR pada September 2018 lalu, perusahaan telepon genggam Apple mengumumkan penyetopan produksi ...
Tips - Minggu, 20 Januari 2019 - 12:03 WIB

Wow, rekening listrik pemilik mobil listrik dapat diskon

DALAM waktu dekat, PT PLN (Persero) berencana akan memberi potongan harga atau diskon pada rekening listrik atau diskon pada penggunaan ...
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...