Jumat, 19 Januari 2018 | 18.38 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Indonesia jadi Surga Belanja Online Terbesar se-Asia Tenggara

Indonesia jadi Surga Belanja Online Terbesar se-Asia Tenggara

Reporter : Bayu Faisal | Rabu, 8 November 2017 - 13:30 WIB

IMG-3563

Ilustrasi

Jakarta, kini.co.id – Research and Markets menunjukkan meski Indonesia memiliki tingkat penetrasi yang rendah untuk Internet dan E-Commerce, namun pasar ritel online dalam negeri merupakan yang terbesar karena jumlah penduduk yang besar.

Faktor-faktor yang mendorong E-Commerce adalah peningkatan penetrasi Internet dan konektivitas mobile, serta demografis dan pertumbuhan ekonomi.

Dengan populasi lebih dari 250 juta dan adopsi internet yang bertumbuh dengan cepat, kepulauan Indonesia akan menjadi surga belanja online, dan proyeksi terkini mengatakan akan mencapai USD 130 milyar di tahun 2020.

Bukan hanya itu, yStats.com melaporkan Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pasar e-commerce B2C terbesar di Asia Tenggara. Hal ini menggaris bawahi Indonesia sebagai negara yang sangat kuat penetrasi mobile-nya.

Telepon selular digunakan mayoritas pengguna Internet di Indonesia untuk mengakses web di tahun 2014, dan merupakan perangkat yang digunakan sebagian besar pembelanja online untuk melakukan pembelian.

Penetrasi smartphone semakin meningkat, diharapkan mencapai 100 juta pengguna dan mendudukkan Indonesia dalam posisi lima besar negara dengan pengguna smartphone terbanyak, dalam tiga tahun mendatang.

Selain itu, baju dan benda-benda terkait fashion lainnya termasuk dalam kategori produk online yang paling banyak dibeli tahun lalu, dengan pembayaran terbanyak melalui transfer bank.

Untuk menyediakan panduan bagi sektor perekonomian digital Indonesia, Presiden Indonesia Joko Widodo baru-baru ini menandatangani road map E-Commerce untuk Indonesia, diharapkan akan selesai akhir tahun 2017.

Road map ini akan membantu mengatur teknologi dan isu-isu terkait seperti logistic, keamanan siber, perpajakan, pengembangan sumber daya manusia, dan perlindungan konsumen.

Melihat tingginya pasar ritel online di Indonesia, InternetRetailing Expo (IRX) Indonesia akan hadir kembali pada januari 2018.

Acara ini diharapkan menjadi titik temu bagi para penjual, merek, peritel multi-kanal dan peritel online dengan para penyedia utama.

“Indonesia bersiap untuk mencapai pertumbuhan signifikan dan menjadi pemimpin dalam ritel online, sesuai dengan tren-tren. Ini lah alasan kami menyelenggarakan IRX di Jakarta, Indonesia, dan tahun depan, dalam event ke-tiga kami, akan membantu para peritel, seiring dengan perjalanan mereka dalam membangun strategi-strategi ritel online mereka,” kata Portfolio Director, Asia, Clarion Events Pte Ltd, Julia Kwan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/11).

Dikatakannya, dengan target lebih dari 200 eksibitor dan 5000 pengunjung, IRX menyambut para peritel dan penyedia teknologi dari berbagai tempat.

“Harapan kami adalah menghubungkan event-event IRX di seluruh dunia dan membawa berbagai keahlian yang ada dari event-event tersebut ke negara-negara di Asia,” tandasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
WhatsApp business resmi diluncurkan
Teknologi - Jumat, 19 Januari 2018 - 14:24 WIB

WhatsApp business resmi diluncurkan

Aplikasi WhatsApp Business resmi diluncurkan oleh Whatsapp bagi pemilik usaha kecil untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.Aplikasi ini hanya tersedia di Play ...
Western Digital pamerkan teknologi dan produk barunya di CES 2018
Teknologi - Jumat, 12 Januari 2018 - 13:12 WIB

Western Digital pamerkan teknologi dan produk barunya di CES 2018

Western Digital memamerkan teknologi akses streaming media melalui perangkat Smart Home dengan suara, pada ajang Consumer Electronics Show 2018 (CES 2018).Mereka ...
Mengatasi bugs Spectre dan Meltdown
Tips - Jumat, 5 Januari 2018 - 14:53 WIB

Mengatasi bugs Spectre dan Meltdown

Awal 2018 diawali dengan penemuan celah keamanan pada prosesor modern yang memungkinkan program berbahaya mencuri informasi dari memori program lain.Dengan ...
Tegas, Jerman Bakal Denda Facebook dan Twitter Jika Tak Hapus Hatespeech
Cyber - Selasa, 2 Januari 2018 - 13:11 WIB

Tegas, Jerman Bakal Denda Facebook dan Twitter Jika Tak Hapus Hatespeech

Ujaran kebencian tau hatespeech dan konten ilegal lain sepertinya tak pernah habis muncul di media sosial. Untuk itu, Jerman mengambil ...
LIPI buat kartu ucapan tahun baru seukuran virus polio
Teknologi - Minggu, 31 Desember 2017 - 19:45 WIB

LIPI buat kartu ucapan tahun baru seukuran virus polio

Menyambut momentum pergantian tahun 2017 - 2018, sejumlah ilmuan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), membuat kartu ucapan selamat tahun ...
3 menit Redmi 5A kejutan akhir tahun Lazada Sould Out
Seluler - Kamis, 28 Desember 2017 - 10:56 WIB

3 menit Redmi 5A kejutan akhir tahun Lazada Sould Out

Sebagai e-commerce terbesar dan nomor satu baik di Indonesia maupun Asia Tenggara, terus berkomitmen untuk selalu menjadi yang terdepan ...