Rabu, 18 Oktober 2017 | 14.24 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Cyber>Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Reporter : Bayu Faisal | Sabtu, 23 September 2017 - 09:42 WIB

IMG-3536

Hacker. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Meski banyak persamaan, Deep Web dan Dark Web ternyata berbeda. Deep Web merupakan tempat berisi situs-situs, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Deep web menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS sehingga kamu dapat menemukan deep web dengan menggunakan browser umum, seperti Chrome, Safari, Edge, dan Firefox.

Nah, berbeda dengan Deep Web, Dark Web harus menggunakan aplikasi khusus untuk mengaksesnya. Namun dalam penyebutan, keduanya sering disamakan.

Aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuka Dark Web adalah browser Tor.

Tor browser biasanya digunakan oleh peretas untuk menyamarkan dirinya di internet.

Kenapa Dark Web menjadi menarik dan membuat orang penasaran? Konon katanya informasi yang berada di internet biasa seperti Google dkk hanyalah 4 persen, selebihnya ada di Dark Web.

Dark Web mengandung konten-konten yang tidak muncul di internet biasa seperti pembunuhan live dan hal-hal mengerikan lainnya.

Selain itu, Dark Web adalah sarangnya hackers atau peretas. Mereka bebas beraktifitas di sana.

Di sana juga ada toko online dimana orang membeli barang-barang terlarang termasuk narkoba dan senjata api.

Director Intelegence Avast suatu ketika pernah Michal Salat mengatakan, kelebihan yang ditawarkan oleh darknet adalah memberikan anonimitas yang lebih dibandingkan deep web sehingga darknet lebih populer di antara para penjahat cyber.

“Dark web sendiri dilindungi oleh jaringan Tor yang terhubung melalui banyak simpul dan enkripsi, namun informasi yang bocor mengidentifikasikan badan intelejen Amerika Serikat yaitu NSA mungkin memilki metode untuk melacak pengguna Tor,” ujarnya.

Menelusuri situs-situs di dalam dark web juga tak semudah internet biasa karena website tidak terindeks serta alamatnya lebih susah untuk diingat.

Begitupun, keamanan selama berselancar di dark web tidak bisa dijamin karena banyaknya jebakan situs yang berisi virus yang dibuat para hacker untuk pengunjungnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Google gandeng ESET basmi software berbahaya di internet
Cyber - Selasa, 17 Oktober 2017 - 18:08 WIB

Google gandeng ESET basmi software berbahaya di internet

Setiap hari jutaan pengguna internet, tanpa mereka sadari, seringkali menjadi korban perangkat lunak yang memodifikasi hasil pencarian mereka untuk mengalihkannya ...
Gerakan bijak bersosial media rambah Kota Gudeg
Telekomunikasi - Sabtu, 7 Oktober 2017 - 11:24 WIB

Gerakan bijak bersosial media rambah Kota Gudeg

Gerakan Bijak Bersosial Media (Bersosmed) yang diluncurkan di Jakarta beberapa waktu lalu, kini mulai merambah sejumlah kota lainnya, yakni Jogja.Gerakan ...
Vivo resmi luncurkan v7+ di Indonesia
Seluler - Jumat, 29 September 2017 - 03:24 WIB

Vivo resmi luncurkan v7+ di Indonesia

Vivo resmi meluncurkan perangkat premiumnya V7+ di Indonesia dalam sebuah acara yang digelar di JiExpo Kemayoran dan disiarkan secara langsung ...
Baru Diluncurkan, iOS 11 Ternyata Lebih Boros Baterai
Seluler - Rabu, 27 September 2017 - 15:55 WIB

Baru Diluncurkan, iOS 11 Ternyata Lebih Boros Baterai

Diluncurkannya iOS 11 oleh Apple ternyata tak begitu menuai respon positif dari pengguna. Sebaliknya, iOS 11 ternyata lebih banyak memakan ...
Pengalaman Mengerikan Orang-orang yang Mengunjungi Deep Web
Cyber - Sabtu, 23 September 2017 - 10:43 WIB

Pengalaman Mengerikan Orang-orang yang Mengunjungi Deep Web

Deep Web adalah bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu ...
SanDisk boyong microSDXC ultra hingga 400GB
Teknologi - Selasa, 19 September 2017 - 16:48 WIB

SanDisk boyong microSDXC ultra hingga 400GB

Western Digital, Selasa (19/9) ini resmi menghadirkan kartu memori baru berkapasitas terbesar di dunia, yaitu SanDisk Ultra microSDXC 250GB spesifikasi ...