Senin, 18 Desember 2017 | 14.06 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Cyber>Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Reporter : Bayu Faisal | Sabtu, 23 September 2017 - 09:42 WIB

IMG-3536

Hacker. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Meski banyak persamaan, Deep Web dan Dark Web ternyata berbeda. Deep Web merupakan tempat berisi situs-situs, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Deep web menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS sehingga kamu dapat menemukan deep web dengan menggunakan browser umum, seperti Chrome, Safari, Edge, dan Firefox.

Nah, berbeda dengan Deep Web, Dark Web harus menggunakan aplikasi khusus untuk mengaksesnya. Namun dalam penyebutan, keduanya sering disamakan.

Aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuka Dark Web adalah browser Tor.

Tor browser biasanya digunakan oleh peretas untuk menyamarkan dirinya di internet.

Kenapa Dark Web menjadi menarik dan membuat orang penasaran? Konon katanya informasi yang berada di internet biasa seperti Google dkk hanyalah 4 persen, selebihnya ada di Dark Web.

Dark Web mengandung konten-konten yang tidak muncul di internet biasa seperti pembunuhan live dan hal-hal mengerikan lainnya.

Selain itu, Dark Web adalah sarangnya hackers atau peretas. Mereka bebas beraktifitas di sana.

Di sana juga ada toko online dimana orang membeli barang-barang terlarang termasuk narkoba dan senjata api.

Director Intelegence Avast suatu ketika pernah Michal Salat mengatakan, kelebihan yang ditawarkan oleh darknet adalah memberikan anonimitas yang lebih dibandingkan deep web sehingga darknet lebih populer di antara para penjahat cyber.

“Dark web sendiri dilindungi oleh jaringan Tor yang terhubung melalui banyak simpul dan enkripsi, namun informasi yang bocor mengidentifikasikan badan intelejen Amerika Serikat yaitu NSA mungkin memilki metode untuk melacak pengguna Tor,” ujarnya.

Menelusuri situs-situs di dalam dark web juga tak semudah internet biasa karena website tidak terindeks serta alamatnya lebih susah untuk diingat.

Begitupun, keamanan selama berselancar di dark web tidak bisa dijamin karena banyaknya jebakan situs yang berisi virus yang dibuat para hacker untuk pengunjungnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur
Teknologi - Rabu, 13 Desember 2017 - 18:02 WIB

Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur

Uber Technologies Inc, resmi menunjuk Monika Rudijono sebagai Presiden Uber Indonesia, menggantikan Alan Jiang.Chief Business Officer, Uber Asia Pacific Brooks ...
Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel
Teknologi - Senin, 11 Desember 2017 - 19:22 WIB

Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Setelah Wikipediamencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, kini giliran Google Maps melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah milik Google tersebut dibanjiri ...
Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai
Teknologi - Rabu, 6 Desember 2017 - 11:49 WIB

Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai

Western Digital (WD) kembali memperluas solusi perangkat penyimpanan mobile mereka dengan meluncurkan SanDisk iXpandTM Base.Produk baru ini disebut sangat cocok ...
Facebook paling banyak digunakan sebar SARA
Teknologi - Senin, 27 November 2017 - 21:56 WIB

Facebook paling banyak digunakan sebar SARA

Polri menyebutkan dari sejumlah media sosial yang kerap digunakan netizen tanah air, Facebook dinilai menjadi aplikasi media sosial yang paling ...
Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR
Ilmiah - Kamis, 23 November 2017 - 13:24 WIB

Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR

Para ilmuwan memprediksi akan terjadi gempa global pada tahun 2018 mendatang. Gempa yang terjadi tersebut diprediksi berskala besar, minimal berkekuatan ...
Mining Scrip Servernya Sempat  di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu
Teknologi - Rabu, 22 November 2017 - 15:11 WIB

Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Situs Beritasatu Selasa (21/11) pagi sempat diretas dan mengalami injection script pada salah satu server ads-nya. Peretas menginjeksikan secara ilegal script untuk mengaktifkan malware script web-base crypto-mining, ...