Kamis, 21 Februari 2019 | 01.24 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Cyber>Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Reporter : Bayu Faisal | Sabtu, 23 September 2017 - 09:42 WIB

IMG-3536

Hacker. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Meski banyak persamaan, Deep Web dan Dark Web ternyata berbeda. Deep Web merupakan tempat berisi situs-situs, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Deep web menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS sehingga kamu dapat menemukan deep web dengan menggunakan browser umum, seperti Chrome, Safari, Edge, dan Firefox.

Nah, berbeda dengan Deep Web, Dark Web harus menggunakan aplikasi khusus untuk mengaksesnya. Namun dalam penyebutan, keduanya sering disamakan.

Aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuka Dark Web adalah browser Tor.

Tor browser biasanya digunakan oleh peretas untuk menyamarkan dirinya di internet.

Kenapa Dark Web menjadi menarik dan membuat orang penasaran? Konon katanya informasi yang berada di internet biasa seperti Google dkk hanyalah 4 persen, selebihnya ada di Dark Web.

Dark Web mengandung konten-konten yang tidak muncul di internet biasa seperti pembunuhan live dan hal-hal mengerikan lainnya.

Selain itu, Dark Web adalah sarangnya hackers atau peretas. Mereka bebas beraktifitas di sana.

Di sana juga ada toko online dimana orang membeli barang-barang terlarang termasuk narkoba dan senjata api.

Director Intelegence Avast suatu ketika pernah Michal Salat mengatakan, kelebihan yang ditawarkan oleh darknet adalah memberikan anonimitas yang lebih dibandingkan deep web sehingga darknet lebih populer di antara para penjahat cyber.

“Dark web sendiri dilindungi oleh jaringan Tor yang terhubung melalui banyak simpul dan enkripsi, namun informasi yang bocor mengidentifikasikan badan intelejen Amerika Serikat yaitu NSA mungkin memilki metode untuk melacak pengguna Tor,” ujarnya.

Menelusuri situs-situs di dalam dark web juga tak semudah internet biasa karena website tidak terindeks serta alamatnya lebih susah untuk diingat.

Begitupun, keamanan selama berselancar di dark web tidak bisa dijamin karena banyaknya jebakan situs yang berisi virus yang dibuat para hacker untuk pengunjungnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Senin, 28 Januari 2019 - 14:37 WIB

Institut Pertanian Bogor dukung Kementan untuk program Kedauladan Pangan

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) terus mengembangkan inovasi untuk ikut mendukung program Kementerian Pertanian untuk Kedauladan Pangan. Hal itu dilakukan melalui ...
Ilmiah - Senin, 21 Januari 2019 - 14:27 WIB

Jangan lewatkan Supermoon malam ini

KEJADIAN alam yang disebut supermoon atau bulan purnama super akan terlihat di langit nusantara malam ini. Ada hal yang menarik, ...
Seluler - Senin, 21 Januari 2019 - 13:14 WIB

Diskon besar-besaran untuk iPhone SE

MOMENTUM peluncuran trio iPhone XS, XS Max, dan XR pada September 2018 lalu, perusahaan telepon genggam Apple mengumumkan penyetopan produksi ...
Tips - Minggu, 20 Januari 2019 - 12:03 WIB

Wow, rekening listrik pemilik mobil listrik dapat diskon

DALAM waktu dekat, PT PLN (Persero) berencana akan memberi potongan harga atau diskon pada rekening listrik atau diskon pada penggunaan ...
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...