Selasa, 11 Desember 2018 | 01.37 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Cyber>Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Reporter : Bayu Faisal | Sabtu, 23 September 2017 - 09:42 WIB

IMG-3536

Hacker. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Meski banyak persamaan, Deep Web dan Dark Web ternyata berbeda. Deep Web merupakan tempat berisi situs-situs, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Deep web menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS sehingga kamu dapat menemukan deep web dengan menggunakan browser umum, seperti Chrome, Safari, Edge, dan Firefox.

Nah, berbeda dengan Deep Web, Dark Web harus menggunakan aplikasi khusus untuk mengaksesnya. Namun dalam penyebutan, keduanya sering disamakan.

Aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuka Dark Web adalah browser Tor.

Tor browser biasanya digunakan oleh peretas untuk menyamarkan dirinya di internet.

Kenapa Dark Web menjadi menarik dan membuat orang penasaran? Konon katanya informasi yang berada di internet biasa seperti Google dkk hanyalah 4 persen, selebihnya ada di Dark Web.

Dark Web mengandung konten-konten yang tidak muncul di internet biasa seperti pembunuhan live dan hal-hal mengerikan lainnya.

Selain itu, Dark Web adalah sarangnya hackers atau peretas. Mereka bebas beraktifitas di sana.

Di sana juga ada toko online dimana orang membeli barang-barang terlarang termasuk narkoba dan senjata api.

Director Intelegence Avast suatu ketika pernah Michal Salat mengatakan, kelebihan yang ditawarkan oleh darknet adalah memberikan anonimitas yang lebih dibandingkan deep web sehingga darknet lebih populer di antara para penjahat cyber.

“Dark web sendiri dilindungi oleh jaringan Tor yang terhubung melalui banyak simpul dan enkripsi, namun informasi yang bocor mengidentifikasikan badan intelejen Amerika Serikat yaitu NSA mungkin memilki metode untuk melacak pengguna Tor,” ujarnya.

Menelusuri situs-situs di dalam dark web juga tak semudah internet biasa karena website tidak terindeks serta alamatnya lebih susah untuk diingat.

Begitupun, keamanan selama berselancar di dark web tidak bisa dijamin karena banyaknya jebakan situs yang berisi virus yang dibuat para hacker untuk pengunjungnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Sabtu, 8 Desember 2018 - 20:33 WIB

Pada 2019 RI ambil-alih ruang udara Batam dan Natuna dari Singapura

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Flight Information Region (FIR) sektor A yang mencakup Batam dan Natuna akan diambil alih ...
Seluler - Kamis, 6 Desember 2018 - 17:21 WIB

Jaringan Internet Hilang, Ini Kata Telkomsel

Jaringan internet atau layanan data provider Telkomsel terputus di beberapa wilayah Sumatera dan Aceh. Hal itu membuat warga kesal karena ...
Seluler - Kamis, 6 Desember 2018 - 17:07 WIB

Sinyal Internet Telkomsel Hilang, Warga Medan Kesal

Warga Medan sedang dikesalkan dengan hilangnya jaringan internet provider Telkomsel di ponsel mereka.Jaringan internet diketahui mendadak hilang pada Kamis (6/12/2018) ...
Ilmiah - Rabu, 5 Desember 2018 - 00:34 WIB

Hindari! 5 kesalahan sebelum tidur yang sering dilakukan

ISTIRAHAT merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan. Salah satu caranya yaitu dengan tidur cukup saat malam hari, sekitar tujuh hingga ...
Teknologi - Rabu, 5 Desember 2018 - 00:23 WIB

Jerman pecahkan rekor dunia pembuatan pohon Natal dari krat

SEBUAH kota di Jerman, yakni kota Gera, yakni di Jerman bagian timur, kini tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk pohon ...
Seluler - Jumat, 30 November 2018 - 13:12 WIB

Ram 6 GB dan Usung Android 9 Pie, Begini Spesifikasi Nokia 8.1

Satu lagi ponsel Android yang akan meramaikan bursa smartphone akan hadir pekan depan. Ia adalah Nokia 8.1 "Pheonix" yang akan ...