Senin, 25 September 2017 | 13.03 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Telekomunikasi>Gaet Pegiat Media Sosial, Indosat Luncurkan Gerakan #BijakBersosmed

Gaet Pegiat Media Sosial, Indosat Luncurkan Gerakan #BijakBersosmed

Reporter : Bambang Medy | Sabtu, 26 Agustus 2017 - 22:30 WIB

IMG-3518

Peluncuran gerakan #BijakBersosmed, di Auditorium Indosat Ooredoo, di Jakarta, Sabtu (26/8). Foto Istimewa.

JAKARTA, kini.co.id – Para penggiat media sosial, komunitas, berbagai organisasi serta didukung Indosat Ooredoo meluncurkan gerakan #BijakBersosmed di Auditorium Indosat Ooredoo, Jakarta, Sabtu (26/8).

Gerakan yang di inisiatif oleh netizen atau warganet ini bertujuan mendorong dan menjaga penggunaan sosial media Indonesia yang sehat, cerdas, aman,dan bijak.

Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Ripy Mangkoesoebroto menjelaskan Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital merasa bangga dapat menjadi bagian dari gerakan publik ini.

“Kami di Indosat Ooredoo mendukung gerakan #BijakBersosmed sebagai sebuah program nyata kampanye publik penggunaan sosial media yang bijak,” ujarnya.

Dia menambahkan peluncuran gerakan #BijakBersosmed merupakan awal dari upaya untuk melihat sosial media menjadi tempat menyampaikan informasi yang baik dan benar, melahirkan inovasi baru, bertukar gagasan, dan menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang santun.

“Persatuan bangsa balik ke kita, jangan sampai terpecah dengan adanya teknologi justru harusnya bersatu,” katanya.

Dia mengatakan kekuatan ada di diri masing-masing dan jika dimulai dari diri sendiri ditularkan ke lingkungan sebagai pionir maka akan mungkin.

Koordinator Gerakan #BijakBersosmed, Enda Nasution menyampaikan, gerakan ini lahir dari keprihatinan para pegiat media sosial atas banyaknya konten-konten negatif yang beredar di media sosial. Ditambah lagi dengan adanya kelompok yang memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan, ujaran kebencian, bahkan digunakan sebagai ladang untuk mendapatkan uang oleh para produsen hoax.

“Gerakan Bijak Bersosmed ini lahir dari keprihatinan tersebut dan mendorong masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial, agar dapat mengamplifikasi pesan-pesan positif,” ujar Enda Nasution, di peluncuran gerakan #BijakBersosmed, di Auditorium Indosat Ooredoo, di Jakarta, Sabtu (26/8).

Enda menerangkan, bentuk utama dari gerakan #BijakBersosmed selain penyebaran informasi penggunaan media sosial yang lebih bijak, didukung oleh video-video informatif dan e-book, juga berupa penyediaan ikrar #BijakBersosmed online yang dapat dilakukan dengan mengunjungi laman bijakbersosmed.id.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani yang turut meluncurkan gerakan #BijakBersosmed juga mengapresiasi hadirnya gerakan ini. Ia juga berpesan untuk tidak mudah menyebarkan informasi di media sosial, apalagi kalau sumber informasinya tidak jelas.

Dikatakannya Sosial media saat ini merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda perkotaan.

Lebih dari 132 juta populasi Indonesia, atau sekitar 51% dari total populasi Indonesia terhubung satu dengan yang lainnya melalui dunia maya dengan berbagai perangkat-perangkat digital.

Pada sisi lain, dinamika politik, ekonomi, serta sosial di Indonesia yang tinggi, bahkan penuh kompetisi, membuat atmosfer sosial media Indonesia belekangan ini menjadi riuh rendah.

“Kemerdekaan yang sudah kita nikmati hingga hari ini, bukanlah kemerdekaan untuk menjadi semrawut dan seenaknya, namun justru harus membuat kita lebih bersyukur dan bijak dalam menggunakan kemerdekaan, ini berlaku juga dengan kebebasan berekspresi di sosial media ,” pungkasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Pengalaman Mengerikan Orang-orang yang Mengunjungi Deep Web
Cyber - Sabtu, 23 September 2017 - 10:43 WIB

Pengalaman Mengerikan Orang-orang yang Mengunjungi Deep Web

Deep Web adalah bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu ...
Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?
Cyber - Sabtu, 23 September 2017 - 09:42 WIB

Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Meski banyak persamaan, Deep Web dan Dark Web ternyata berbeda. Deep Web merupakan tempat berisi situs-situs, forum, dan toko online ...
SanDisk boyong microSDXC ultra hingga 400GB
Teknologi - Selasa, 19 September 2017 - 16:48 WIB

SanDisk boyong microSDXC ultra hingga 400GB

Western Digital, Selasa (19/9) ini resmi menghadirkan kartu memori baru berkapasitas terbesar di dunia, yaitu SanDisk Ultra microSDXC 250GB spesifikasi ...
Menkominfo targetkan lima startup tumbuh jadi ‘unicorn’
Teknologi - Selasa, 12 September 2017 - 16:12 WIB

Menkominfo targetkan lima startup tumbuh jadi ‘unicorn’

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan terus mendorong munculnya perusahaan rintisan startup berbasis teknologi digital yang mampu tumbuh menjadi unicorn atau ...
Menkominfo Apresiasi Satelit Telkom 1 Pulih
Telekomunikasi - Selasa, 12 September 2017 - 15:03 WIB

Menkominfo Apresiasi Satelit Telkom 1 Pulih

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memastikan layanan konektivitas pelanggan Satelit Telkom-1 telah pulih 100% sejak Minggu pukul 24.00 WIB ...
Youtube Tutup Saluran Propaganda Korut
Cyber - Sabtu, 9 September 2017 - 13:02 WIB

Youtube Tutup Saluran Propaganda Korut

Sejumlah saluran propaganda Korut dinilai melanggar pedoman Youtube sehingga harus ditutup.Dua saluran propaganda Korut yang ditutup adalah Stimmekoreas, memiliki lebih ...