Senin, 25 September 2017 | 13.01 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Pendidikan>Fenomena Langka Gerhana matahari Total

Fenomena Langka Gerhana matahari Total

Selasa, 22 Agustus 2017 - 15:16 WIB

IMG-3508

Gerhana matahari Total (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Tata surya terdiri dari beberapa planet, salah satunya yang kita ketahui adalah planet Bumi. Planet Bumi tempat berkembang dan hidupnya manusia, bumi dapat menerima cahaya melalui Matahari disaat siang hari. Dan malam hari Bumi dapat menerima cahaya melalui Bulan.

Gerhana matahari total terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Jika Anda ingin melihat gerhana Matahari, Anda harus berada dalam jalur bayangan Bulan, yang memiliki 3 bagian yang berbeda. Bagian pertama adalah, umbra. Umbra adalah bayangan tergelap dari 3 bagian bayangan Bulan. Wilayah Bumi yang dilalui jalur bayangan umbra akan melihat gerhana total. Pada saat itu, piringan Matahari tertutupi sepenuhnya oleh piringan Bulan.

Bagian kedua, adalah penumbra. Penumbra adalah bayangan Bulan bagian luar. Wilayah yang dilalui jalur penumbra akan melihat gerhana Matahari parsial (sebagian), dan langit tidak akan gelap seperti layaknya gerhana Matahari total.

Dan bagian ketiga, adalah antumbra. Antumbra merupakan Antumbra adalah wilayah pada bayangan gerhana Matahari di mana Bulan yang menutupi sepenuhnya terlihat di dalam cakram sumber cahaya (matahari). Seorang pengamat yang berada di wilayah antumbra sepenuhnya akan melihat peristiwa gerhana cincin. Kata Antumbra berasal dari bahasa latin yaitu ante artinya “sebelum” dan umbra artinya “bayangan”.

seperti yang terjadi Fenomena langka Gerhana Matahari Total menghiasi langit Oregon, Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Missouri, Kentucky, Illinois, Tennesse, dan terakhir Carolina Selatan. Bayangan Bulan akan melintasi negara-negara bagian tersebut selama kurang lebih satu setengah jam Senin (21/8). Gerhana matahari total kembali melintasi Amerika Serikat sejak terakhir terjadi pada tahun 1918 atau 99 tahun lalu.

Pemandangan bayangan bulan melintas langsung di depan matahari yang menampakkan noda pada seluruh permukaannya kecuali lingkaran cahaya korona surya itu mungkin akan menjadi peristiwa astronomi yang paling banyak menarik penonton dalam sejarah manusia.

Ketika mereka yang menyaksikan melalui siaran langsung dan media daring diperhitungkan di dalamnya, jumlah penontonnya berpeluang melampaui rekor.

“Itu jelas akan menjadi gerhana total yang paling banyak di amati dalam sejarah,” kata astronom Rick Fienberg dari American Astronomical Society (AAS) pekan lalu.

Editor: Rosdiana

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Pengalaman Mengerikan Orang-orang yang Mengunjungi Deep Web
Cyber - Sabtu, 23 September 2017 - 10:43 WIB

Pengalaman Mengerikan Orang-orang yang Mengunjungi Deep Web

Deep Web adalah bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu ...
Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?
Cyber - Sabtu, 23 September 2017 - 09:42 WIB

Deep Web dan Dark Web, Apa Bedanya?

Meski banyak persamaan, Deep Web dan Dark Web ternyata berbeda. Deep Web merupakan tempat berisi situs-situs, forum, dan toko online ...
SanDisk boyong microSDXC ultra hingga 400GB
Teknologi - Selasa, 19 September 2017 - 16:48 WIB

SanDisk boyong microSDXC ultra hingga 400GB

Western Digital, Selasa (19/9) ini resmi menghadirkan kartu memori baru berkapasitas terbesar di dunia, yaitu SanDisk Ultra microSDXC 250GB spesifikasi ...
Menkominfo targetkan lima startup tumbuh jadi ‘unicorn’
Teknologi - Selasa, 12 September 2017 - 16:12 WIB

Menkominfo targetkan lima startup tumbuh jadi ‘unicorn’

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan terus mendorong munculnya perusahaan rintisan startup berbasis teknologi digital yang mampu tumbuh menjadi unicorn atau ...
Menkominfo Apresiasi Satelit Telkom 1 Pulih
Telekomunikasi - Selasa, 12 September 2017 - 15:03 WIB

Menkominfo Apresiasi Satelit Telkom 1 Pulih

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memastikan layanan konektivitas pelanggan Satelit Telkom-1 telah pulih 100% sejak Minggu pukul 24.00 WIB ...
Youtube Tutup Saluran Propaganda Korut
Cyber - Sabtu, 9 September 2017 - 13:02 WIB

Youtube Tutup Saluran Propaganda Korut

Sejumlah saluran propaganda Korut dinilai melanggar pedoman Youtube sehingga harus ditutup.Dua saluran propaganda Korut yang ditutup adalah Stimmekoreas, memiliki lebih ...