Selasa, 16 Oktober 2018 | 21.36 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Cyber>Meski Pakai Nama Palsu, Remaja Penghina Presiden di Facebook Tercokok Juga

Meski Pakai Nama Palsu, Remaja Penghina Presiden di Facebook Tercokok Juga

Reporter : Fauzan | Senin, 21 Augu 2017 - 11:11 WIB

IMG-3503

Akun facebook Ringgo Abdillah yang menghina presiden. (Ist)

Medan, kini.co.id – Bersembunyi di balik nama palsu tak lantas membuat Muhammad Farhan Balatif lolos dari kejaran polisi.

Farhan dicokok polisi di rumahnya setelah ditemukan sejumlah bukti penghinaan terhadap Presiden Jokowi dan Kapolri Tito Karnavian yang akan disebarkan lewat Facebook.

Farhan ditangkap setelah menyebarkan ujaran kebencian kepada Presiden Jokowi dan Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Lewat akun bernama Ringgo Abdillah itu ia pun sempat menantang polisi untuk menangkapnya.

Akun tersebut juga menggunakan foto orang lain yang belum diketahui identitasnya oleh polisi.

“Banyak orang menghina jokowi dan tito karnavian masuk penjara dalam hitungan hari..tapi kenapa gue yang telah sering menghina, mengedit wajah jokowi dan tito karnavian sampai sekarang belum masuk penjara??????????

Hei pak polisi, tangkap gue, kalau enggak, gue akan rekrut teman-teman gue untuk menguasai medsos agar si joko***** tumbang di pilpres 2019 nanti.” tulis Farhan yang ditangkap di Jalan Bono No 58 F Medan Timur, Medan, Jumat (18/8/2017).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting mengatakan ada 2 unit laptop yang diambil sebagai barang bukti saat penangkapan itu.

“Pelaku atas nama Muhammad Farhan Balatif, pelajar SMK ditangkap beserta barang bukti berupa 2 unit laptop yang digunakan untuk mengedit gambar Presiden dan Kapolri, memakai Facebook menyebarkan penghinaan dengan kata kata dan gambar hasil editan,” ujar Rina, Sabtu 19 Agustus 2017.

Farhan pun dijerat Pasal 45 ayat 2 Jo, Pasal 28 ayat 2 Subs, Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pelajar SMK itu kini terancam penjara paling lama enam tahun. Farhan sudah mengakui menggunakan Facebook Ringgo Abdullah untuk menghina Presiden RI dan Kapolri.

Ia melakukannya dengan mengubah gambar Presiden Jokowi dan Kapolri yang ditambahkan kata-kata yang tidak layak. Penyidik kini masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mendalami kasus tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Senin, 11 Desember 2017 - 19:22 WIB

Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Setelah Wikipediamencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, kini giliran Google Maps melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah milik Google tersebut dibanjiri ...
Teknologi - Rabu, 6 Desember 2017 - 11:49 WIB

Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai

Western Digital (WD) kembali memperluas solusi perangkat penyimpanan mobile mereka dengan meluncurkan SanDisk iXpandTM Base.Produk baru ini disebut sangat cocok ...
Teknologi - Senin, 27 November 2017 - 21:56 WIB

Facebook paling banyak digunakan sebar SARA

Polri menyebutkan dari sejumlah media sosial yang kerap digunakan netizen tanah air, Facebook dinilai menjadi aplikasi media sosial yang paling ...
Ilmiah - Kamis, 23 November 2017 - 13:24 WIB

Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR

Para ilmuwan memprediksi akan terjadi gempa global pada tahun 2018 mendatang. Gempa yang terjadi tersebut diprediksi berskala besar, minimal berkekuatan ...
Teknologi - Rabu, 22 November 2017 - 15:11 WIB

Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Situs Beritasatu Selasa (21/11) pagi sempat diretas dan mengalami injection script pada salah satu server ads-nya. Peretas menginjeksikan secara ilegal script untuk mengaktifkan malware script web-base crypto-mining, ...
Teknologi - Senin, 20 November 2017 - 15:47 WIB

Western digital luncurkan SSD portabel My Passport

Western Digital Corporation memperkenalkan perangkat penyimpanan portabel tercepat mereka yakni My Passport™ SSD. Dengan menonjolkan performa super cepat dan ...