Kamis, 21 Februari 2019 | 00.47 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Cyber>Solusi Perkuat Keamaan Password Anda di komputer

Solusi Perkuat Keamaan Password Anda di komputer

Reporter : Fauzan | Kamis, 10 Augu 2017 - 18:23 WIB

IMG-3499

solusi perkuat keamaan password Anda di komputer. Istimewa.

JAKARTA, kini.co.id – Banyak pengguna komputer masih membuat kesalahan yang sama dengan menggunakan password serupa di banyak akun, seperti menggunakan password perusahaan untuk akun pribadi. Apabila akun tersebut berhasil dibobol kata sandinya maka dengan sendirinya akan menjadi penyebab terjadinya pelanggaran sistem perusahaan yang berakibat fatal.

Mengutip Laporan Investigasi Pelanggaran Data Verizon 2017 (DBIR), di dalamnya mengatakan bahwa jumlah pelanggaran data telah meningkat dari 50% menjadi 66% dan kemudian menjadi 81% selama tiga tahun terakhir melibatkan kredensial seperti password sebagai penyebab utamanya.

Uji coba yang dilakukan oleh Preempt terhadap penggunaan kata sandi dengan 10 karakter, hasilnya sangat mengejutkan: password dengan kompleksitas rendah dapat dibobol dalam waktu kurang dari satu hari, sedang untuk kompleksitas medium dibutuhkan waktu kurang dari seminggu dan password dengan kompleksitas tinggi butuh waktu kurang dari sebulan.

Dari fakta ini kita dapat menyimpulkan bahwa, k ompleksitas kata sandi tidak sepenuhnya berhasil, kerumitan password masih dianggap lemah karena kamus kata sandi yang dimiliki oleh peretas yang memiliki software berisi kata-kata sandi.

Password tidaklah unik, orang seringkali menggunakan kata sandi secara berulang. Password memiliki pola tertentu, dalam kebanyakan kasus 100 pola teratas dapat memecahkan sebagian besar password dalam sebuah perusahaan.

Memecahkan password sangat mudah, tergantung pada seberapa canggih hardware yang digunakan, hanya dibutuhkan sedikit waktu jika dilakukan menggunakan teknik brute force.

Pengguna komputer, seperti para karyawan seringkali berbagai password, menggunakan kata sandi yang identik atau kata kunci serupa di banyak layanan.

Kebijakan kadaluarsa password tidak dijalankan semestinya, seringkali kebijakan perubahan password dinonaktifkan atau kadang dikhususkan hanya untuk eksekutif atau petinggi perusahaan yang lain.

Satu akses yang dibajak dari karyawan sudah lebih dari cukup untuk meretas sistem perusahaan. Penjahat digital bisa memperoleh akses langsung ke jaringan perusahaan dan mencuri semua informasi penting dan rahasia milik perusahaan.

Pengguna komputer harus memahami bahwa sekarang bukan saatnya mengandalkan pada satu password semata. Menghadapi kendala seperti ini, metode otentikasi dua faktor (Two-Factor Authentication/2FA) bisa menjadi jalan keluar bagi perusahaan-perusahaan untuk menekan faktor human error akibat penggunaan password yang buruk atau permasalahan digital lain yang muncul.

Teknologi ini merupakan opsi keamanan ganda yang bisa membantu perusahaan dalam melindungi kebocoran data. Teknologi ini dapat diimplementasikan dalam keperluan digital sehari hari, seperti saat login komputer, login ke applikasi internal perusahaan, login ke Web Mail, Login ke VPN Kode approval.

Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh terkait otentikasi dua faktor mengatakan penggunaan password tanpa 2FA akan semakin meningkatkan keamanan akses. Peretas yang didukung kemajuan perkembangan hardware semakin cepat dan punya banyak cara untuk mencari kelemahan keamanan.

“Menggunakan otentikasi dua faktor menjadi opsi pengamanan baru yang lebih aman dan eksklusif. Otentikasi dua faktor menggunakan dua elemen yaitu terdiri dari kata sandi pengguna dan OTP (One Time Password) yang dengan mudah diimplementasikan di ponsel pintar. Diharapkan solusi ini bisa mencegah terjadinya kebocoran data yang disebabkan oleh karyawan,” ujar Yudi di Jakarta, Kamis (10/8).

Menjawab kebutuhan ini, ESET memiliki solusi yang disebut ESET Secure Authentication (ESA) yang dapat diintegrasikan dengan Microsoft Active Directory ataupun metode authentikasi Radius atau langsung ke Database menggunakan SDK yang mensupport bahasa pemprograman Java, PHP ataupun Microsoft .NET.

“Dengan solusi ESET Secure Authentication tentunya diharapkan dunia usaha semakin aman dalam melindungi data yang dikelola”, tutup Yudhi.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Teknologi - Senin, 28 Januari 2019 - 14:37 WIB

Institut Pertanian Bogor dukung Kementan untuk program Kedauladan Pangan

INSTITUT Pertanian Bogor (IPB) terus mengembangkan inovasi untuk ikut mendukung program Kementerian Pertanian untuk Kedauladan Pangan. Hal itu dilakukan melalui ...
Ilmiah - Senin, 21 Januari 2019 - 14:27 WIB

Jangan lewatkan Supermoon malam ini

KEJADIAN alam yang disebut supermoon atau bulan purnama super akan terlihat di langit nusantara malam ini. Ada hal yang menarik, ...
Seluler - Senin, 21 Januari 2019 - 13:14 WIB

Diskon besar-besaran untuk iPhone SE

MOMENTUM peluncuran trio iPhone XS, XS Max, dan XR pada September 2018 lalu, perusahaan telepon genggam Apple mengumumkan penyetopan produksi ...
Tips - Minggu, 20 Januari 2019 - 12:03 WIB

Wow, rekening listrik pemilik mobil listrik dapat diskon

DALAM waktu dekat, PT PLN (Persero) berencana akan memberi potongan harga atau diskon pada rekening listrik atau diskon pada penggunaan ...
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...