Senin, 18 Desember 2017 | 14.07 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Pendidikan>Berkat Keahlian IT, M Fachrin Tembus Program Indonesia Next di Silicon Valley

Berkat Keahlian IT, M Fachrin Tembus Program Indonesia Next di Silicon Valley

Selasa, 20 Juni 2017 - 02:01 WIB

IMG-3435

M Fachrin Aulia Nasution (dok pribadi)

Medan , kini.co.id – Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan dunia yang semakin cepat, dibutuhkan generasi muda yang mampu dan handal dalam menghadapi berbagai tantangan yang terus berubah.

Belum lagi persaingan bisnis yang semakin ketat membuat generasi muda harus memiliki kualitas yang dibutuhkan baik secara akademis maupun profesional agar bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Adalah M Fachrin Aulia Nasution, sosok mahasiswa yang berprestasi yang memiliki kemampuan yang patut dikagumi dan layak di apresiasi.

Karena di zaman yang sangat berkembang saat ini, sudah seharusnya kalangan anak muda memiliki banyak kemampuan yang dapat menghadapi berbagai kemajuan dan perkembangan di dunia.

Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informas, Universitas Sumatera tahun 2014 sejak masih duduk di SMA Saffiyyatul Amaliyah, Medan sudah menggeluti bidang IT.

Dengan keuletannya itu, Fachrin sapaan akrabnya merupakan 1 dari 18 delegasi mahasiswa di Indonesia yang terpilih melalui seleksi ketat untuk mengikuti short course di perusahaan digital ternama kelas dunia dalam program Indonesia Next 2016 pada bulan April 2017 kemarin.

Program sertifikasi itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Dengan rangkaian program Indonesia NEXT yang diadakan di enam perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, yakni ITS, Surabaya pada 25 Oktober, Universitas Sumatera Utara (USU) pada 14 November, kemudian UI, Depok pada 17 November, ITB 21 November, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar pada 28 November, dan terakhir di UGM, Yogyakarta pada 8 Desember silam.

Prestasi yang sulit untuk didapat jika melihat jutaan mahasiswa atau pelajar yang ada di Sumatera.

Sebelum berangkat ke Silicon Valley, Fachrin bersama-rekannya dilatih terlebih dahulu di Kibar, Jakarta selama 3 hari mengenai acara Indonesia Next ini.

Saat berada di Jakarta, Fachrin mengikuti pelatihan di GSV Labs, Amerika Serikat. Fachrin juga mengunjungi Google Headquarters, Google Launchpad Accelator, Intel Headquarters, Airbnb dan Declara.

Delegasi mahasiswa Indonesia pun mendapat kesempatan istimewa untuk bertemu dengan Konsulat Jenderal Indonesia untuk San Fransisco, yang menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang didapat dari delegasi mahasiswa Sumatera ini.

Tentu saja Fachrin merasa sangat bangga akan pencapaian ini dan menceritakan pengalaman apa saja yang didapatnya.

Mengembangkan pola pikir, problem solving terhadap berbagai isu, public speaking, dan mengetahui bagaimana pengembangan bisnis start-up dan lainnya merupakan beberapa pengalaman yang didapat oleh Fachrin dan rekan ketika mengikuti acara tersebut.

Universitas Sumatera Utara merupakan satu-satunya Universitas dari Sumatera yang mendapat kesempatan untuk mengirimkan perwakilan Sumatera di acara ini.

Prestasi mahasiswa/mahasiswi ini patut diacungkan jempol dan sudah sepatutnya anak muda diberikan kesempatan untuk berkarya lebih lagi.***

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur
Teknologi - Rabu, 13 Desember 2017 - 18:02 WIB

Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur

Uber Technologies Inc, resmi menunjuk Monika Rudijono sebagai Presiden Uber Indonesia, menggantikan Alan Jiang.Chief Business Officer, Uber Asia Pacific Brooks ...
Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel
Teknologi - Senin, 11 Desember 2017 - 19:22 WIB

Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Setelah Wikipediamencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, kini giliran Google Maps melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah milik Google tersebut dibanjiri ...
Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai
Teknologi - Rabu, 6 Desember 2017 - 11:49 WIB

Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai

Western Digital (WD) kembali memperluas solusi perangkat penyimpanan mobile mereka dengan meluncurkan SanDisk iXpandTM Base.Produk baru ini disebut sangat cocok ...
Facebook paling banyak digunakan sebar SARA
Teknologi - Senin, 27 November 2017 - 21:56 WIB

Facebook paling banyak digunakan sebar SARA

Polri menyebutkan dari sejumlah media sosial yang kerap digunakan netizen tanah air, Facebook dinilai menjadi aplikasi media sosial yang paling ...
Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR
Ilmiah - Kamis, 23 November 2017 - 13:24 WIB

Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR

Para ilmuwan memprediksi akan terjadi gempa global pada tahun 2018 mendatang. Gempa yang terjadi tersebut diprediksi berskala besar, minimal berkekuatan ...
Mining Scrip Servernya Sempat  di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu
Teknologi - Rabu, 22 November 2017 - 15:11 WIB

Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Situs Beritasatu Selasa (21/11) pagi sempat diretas dan mengalami injection script pada salah satu server ads-nya. Peretas menginjeksikan secara ilegal script untuk mengaktifkan malware script web-base crypto-mining, ...