Jumat, 18 Januari 2019 | 17.00 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Pendidikan>Berkat Keahlian IT, M Fachrin Tembus Program Indonesia Next di Silicon Valley

Berkat Keahlian IT, M Fachrin Tembus Program Indonesia Next di Silicon Valley

Selasa, 20 Juni 2017 - 02:01 WIB

IMG-3435

M Fachrin Aulia Nasution (dok pribadi)

Medan , kini.co.id – Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan dunia yang semakin cepat, dibutuhkan generasi muda yang mampu dan handal dalam menghadapi berbagai tantangan yang terus berubah.

Belum lagi persaingan bisnis yang semakin ketat membuat generasi muda harus memiliki kualitas yang dibutuhkan baik secara akademis maupun profesional agar bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Adalah M Fachrin Aulia Nasution, sosok mahasiswa yang berprestasi yang memiliki kemampuan yang patut dikagumi dan layak di apresiasi.

Karena di zaman yang sangat berkembang saat ini, sudah seharusnya kalangan anak muda memiliki banyak kemampuan yang dapat menghadapi berbagai kemajuan dan perkembangan di dunia.

Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informas, Universitas Sumatera tahun 2014 sejak masih duduk di SMA Saffiyyatul Amaliyah, Medan sudah menggeluti bidang IT.

Dengan keuletannya itu, Fachrin sapaan akrabnya merupakan 1 dari 18 delegasi mahasiswa di Indonesia yang terpilih melalui seleksi ketat untuk mengikuti short course di perusahaan digital ternama kelas dunia dalam program Indonesia Next 2016 pada bulan April 2017 kemarin.

Program sertifikasi itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Dengan rangkaian program Indonesia NEXT yang diadakan di enam perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, yakni ITS, Surabaya pada 25 Oktober, Universitas Sumatera Utara (USU) pada 14 November, kemudian UI, Depok pada 17 November, ITB 21 November, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar pada 28 November, dan terakhir di UGM, Yogyakarta pada 8 Desember silam.

Prestasi yang sulit untuk didapat jika melihat jutaan mahasiswa atau pelajar yang ada di Sumatera.

Sebelum berangkat ke Silicon Valley, Fachrin bersama-rekannya dilatih terlebih dahulu di Kibar, Jakarta selama 3 hari mengenai acara Indonesia Next ini.

Saat berada di Jakarta, Fachrin mengikuti pelatihan di GSV Labs, Amerika Serikat. Fachrin juga mengunjungi Google Headquarters, Google Launchpad Accelator, Intel Headquarters, Airbnb dan Declara.

Delegasi mahasiswa Indonesia pun mendapat kesempatan istimewa untuk bertemu dengan Konsulat Jenderal Indonesia untuk San Fransisco, yang menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang didapat dari delegasi mahasiswa Sumatera ini.

Tentu saja Fachrin merasa sangat bangga akan pencapaian ini dan menceritakan pengalaman apa saja yang didapatnya.

Mengembangkan pola pikir, problem solving terhadap berbagai isu, public speaking, dan mengetahui bagaimana pengembangan bisnis start-up dan lainnya merupakan beberapa pengalaman yang didapat oleh Fachrin dan rekan ketika mengikuti acara tersebut.

Universitas Sumatera Utara merupakan satu-satunya Universitas dari Sumatera yang mendapat kesempatan untuk mengirimkan perwakilan Sumatera di acara ini.

Prestasi mahasiswa/mahasiswi ini patut diacungkan jempol dan sudah sepatutnya anak muda diberikan kesempatan untuk berkarya lebih lagi.***

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Ilmiah - Selasa, 15 Januari 2019 - 17:40 WIB

Pada 21 Januari, Indonesia alami supermoon

FENOMENA supermoon atau gerhana bulan total bisa diamati dari seluruh kawasan di Indonesia pekan depan. Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan ...
Teknologi - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:06 WIB

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Morowali diresmikan

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan peletakan batu pertama, yang menandai mulai dibangunnya ...
Seluler - Sabtu, 5 Januari 2019 - 23:07 WIB

Oppo R17 Pro, smartphone mewah dengan deretan fitur canggih

VENDOR smartphone asal China Oppo, akhirnya merilis perangkat terbarunya di Indonesia yakni Oppo R17 Pro. Perangkat Oppo R17 Pro ini ...
Teknologi - Sabtu, 5 Januari 2019 - 22:29 WIB

Danau Subglasial seluas Jakbar di Antartika dibor ilmuwan

ILMUWAN yang tergabung dalam proyek Subglacial Antarctic Lakes Scientific Access (SALSA) melakukan pengeboran dengan kedalaman hampir 1,1 kilometer di danau ...
Ilmiah - Minggu, 30 Desember 2018 - 00:07 WIB

Status awas Anak Krakatau adalah hoaks

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan tidak benar status Gunung Anak Krakatau telah meningkat jadi Awas atau level IV. Status ...
Ilmiah - Senin, 24 Desember 2018 - 17:28 WIB

Mbah Rono: Anak Krakatau belum stabil, rawan longsor

KONDISI badan Gunung Anak Krakatau masih belum stabil saat ini. Gunung api laut itu berpotensi kembali longsor dan menyebabkan tsunami ...