Kamis, 17 Agustus 2017 | 22.32 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Alibaba Cloud Akan Bangun Pusat Data di Jakarta Pada Maret 2018

Alibaba Cloud Akan Bangun Pusat Data di Jakarta Pada Maret 2018

Sabtu, 10 Juni 2017 - 16:00 WIB

IMG-3424

Alibaba Grup (Smrc)

Jakarta, kini.co.id – Alibaba Cloud, penyedia jasa penyimpanan data berbasis komputasi awan atau cloud di bawah Alibaba Group, memasukkan Indonesia ke dalam daftar rencana ekspansi bisnis mereka. Menurut rencana, Alibaba Cloud tidak hanya sekadar menjual jasa, tetapi juga membangun pusat data di Indonesia pada akhir Maret 2018.

Senior Vice President of Alibaba Group sekaligus Presiden Alibaba Cloud, Simon Hu mengatakan, selain rencana di Indonesia pihaknya juga akan membangun di Mumbai, India.

Terbaru dibangun di Malaysia dengan harapan dapat meningkatkan sumber komputasi di Asia secara signifikan, yang akan memberikan dukungan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh area dengan kemampuan cloud yang kuat, terukur, hemat biaya dan aman.

“Saya percaya Alibaba Cloud, adalah satu-satunya penyedia jasa cloud global dari Asia, memposisikan diri secara unik dengan keuntungan budaya dan kontekstual untuk menyediakan inovasi data intelejen dan kemampuan komputisasi kepada pengguna di daerah-daerah tersebut,” kata Simon Hu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/6).

Lebih lanjut, Simon menegaskan dengan membangun data center di Indonesia dan India juga akan memperkuat posisi perusahaan di area ini dan juga secara global.

Dengan tiga data center terbaru yang direncanakan akan dibuka, Alibaba Cloud akan menambah total data center menjadi 17 lokasi, melingkupi China, Australia, Jerman, Jepang, Hong Kong, Singapura, Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Data center Asia yang baru ini akan menawarkan layanan lengkap, menyediakan fleksibilitas untuk perusahaan dan organisasi untuk membangun seluruh infrastruktur bisnis TI mereka di Alibaba Cloud atau menjalankan mission-critical dan aplikasi inti di dalamnya.

Alibaba Cloud, kata Simon akan menjadi perusahaan pemimpin cloud computing global pertama yang membangun data center di Indonesia dan secara signifikan meningkatkan infrastruktur IT lokal di belakang jaringan pusat data global Alibaba Cloud.

Langkah tersebut menanggapi inisiatif “1.000 Start-up Movement” Indonesia yang diluncurkan tahun lalu dengan tujuan untuk membina 1.000 start-up pada tahun 2020, dan menargetkan valuasi kumulatif sebesar US$ 10 miliar.

“Dengan melayani ribuan pelanggan dari India, Alibaba Cloud telah bekerja sama dengan Global Cloud Xchange (GCX), anak perusahaan dari Reliance Communications untuk secara langsung mengakses Alibaba Cloud Express Connect melalui GCX’s CLOUD X Fusion,” kata Simon.

Akan diumumkan juga pada Computing Conference bahwa Alibaba Cloud telah membangun kerjasama global dengan Tata Communications. Kerja sama ini akan menyediakan akses langsung ke Alibaba Cloud Express Connect melalui layanan Tata Communications’ IZO Private Connect.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Solusi Perkuat Keamaan Password Anda di komputer
Cyber - Kamis, 10 Agustus 2017 - 18:23 WIB

Solusi Perkuat Keamaan Password Anda di komputer

Banyak pengguna komputer masih membuat kesalahan yang sama dengan menggunakan password serupa di banyak akun, seperti menggunakan password perusahaan untuk ...
Heboh ‘Eta Terangkanlah’, Netter: Aneh Dikit Viral
Cyber - Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:56 WIB

Heboh ‘Eta Terangkanlah’, Netter: Aneh Dikit Viral

Frasa "Eta Terangkanlah" kini menghiasi jagad media sosial. Hampir di semua media sosial orang menyebut frasa itu. Baik dalam berkomentar ...
Website yang Pakai Iklan Mengganggu Bakal Ditindak Google
Cyber - Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:24 WIB

Website yang Pakai Iklan Mengganggu Bakal Ditindak Google

Bermacam iklan yang muncul di website merupakan sumber pendapatan keuangan. Namun tak jarang iklan-iklan tersebut malah mengganggu pengunjung.Pengunjung yang berniat ...
Waduh, Sambil Bawa Anak Ibu Ini Seret Suami yang Lagi Nyawer Biduan
Cyber - Selasa, 8 Agustus 2017 - 16:42 WIB

Waduh, Sambil Bawa Anak Ibu Ini Seret Suami yang Lagi Nyawer Biduan

Lagi asyik berjoged dan menyawer biduan cantik di sebuah acara hajatan, seorang pria didatangi istrinya.Sambil menggendong anak sang istri lantas ...
Berfoto Pegang Anu Tapir, Gadis Ini Dihujat
Cyber - Selasa, 8 Agustus 2017 - 14:50 WIB

Berfoto Pegang Anu Tapir, Gadis Ini Dihujat

Berselfie di semua tempat adalah hobi kaum muda di zaman serba digital ini.Hal itu pulalah yang dilakukan Hazreen Syafiela (25) ...
Warga Indonesia Bisa Lihat Gerhana Bulan Malam Ini
Ilmiah - Senin, 7 Agustus 2017 - 09:45 WIB

Warga Indonesia Bisa Lihat Gerhana Bulan Malam Ini

Bagi yang gemar mengamati benda langit, malam ini akan menjadi malam yang menyenangkan. Pasalnya, malam ini akan terjadi fenomena langka ...