Rabu, 24 Mei 2017 | 11.10 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Cyber>Hadapi Ransomware WannaCry, Ini Saran ESET Indonesia

Hadapi Ransomware WannaCry, Ini Saran ESET Indonesia

Reporter : Ary Syahputra | Minggu, 14 Mei 2017 - 19:32 WIB

IMG-3405

Eset (ist)

Jakarta, kini.co.id – Virus malware ransomware WannaCry yang menyerang berbagai perusahaan di seluruh dunia termasuk di Indonesia menyebabkan korban berjatuhan dalam jumlah besar.

Ransomware WannaCry disebut-sebut sebagai dalang di balik kehebohan massal tersebut.

Ransomware WannaCry atau Wanna Decryptor telah melahirkan variant baru sejak ditemukan pertama kali oleh peneliti ESET pada April 2017 lalu.

Namun, ESET Indonesia mendeteksi kehadiran WannaCry di Indonesia, dan berhasil menaklukan ransomware ini saat mencoba menyerang komputer yang menggunakan antivirus ESET.

Serangan WannaCry yang dikenali ESET sebagai Win32/Filecoder.WannaCryptor.D keburu rontok di tengah jalan sebelum sempat merajalela.

Hal ini disebabkan adanya sistem pertahanan Anti Ransomware milik ESET yang secara komprehensif menjadi antidot bagi serangan ransomware yang masuk.

“Operasi senyap dan masif yang dilakukan pengembang ransomware WannaCry menjadi peringatan bagi kita semua, bahwa kejahatan tidak pernah tidur. Ini alasan kenapa antivirus masih sangat dibutuhkan di dunia, seperti yang ESET tunjukkan saat berkontribusi menghadapi serangan dari WannaCry dan seluruh malware lain tanpa kompromi,” ujar Technical Consultan PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh dalam keterangannya yang diterima kini.co.id.

Ia menjelaskan, bahwa ransomware WannaCry yang mulai terdeteksi tanggal 12 Mei 2017 sore, menjadikan keuntungan sendiri karena sebagian besar perusahaan sudah mematikan komputernya.

Sementara kemampuan ESET dalam mendeteksi dan meng-update database pendeteksian beberapa jam setelahnya menguntungkan pengguna komputer untuk mendapatkan update database ESET terbaru pada Jumat malam, dan untuk yang bekerja pada hari Sabtu sudah terproteksi pada paginya.

“Kami harapkan pada hari Senin besok saat kantor mulai beroperasi, semua pengguna ESET memiliki penangkalnya” tambah Yudhi menyikapi gelombang besar serangan WannaCry.

Di kesempatan yang sama Yudhi juga memberikan saran bagaimana menghadapi ransomware WannaCry, selain menggunakan ESET sebagai pelindung pertahanan, Salah satu solusi penting lain adalah melakukan patch windows.

“Khusus untuk Windows XP disarankan upgradre Windows karena patch sudah tidak tersedia dari Microsoft,” pungkas Yudhi.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Yuk Intip Bocoran Desain Apple iPhone 8
Seluler - Kamis, 18 Mei 2017 - 16:43 WIB

Yuk Intip Bocoran Desain Apple iPhone 8

Setelah pesaingnya Samsung tengah menyiapkan ponsel berkamera ganda pertama, Apple dengan iPhone 8 tak mau kalah dengan desain eksentriknya yang ...
‘Meluruskan Pemahaman Hadis Kaum Jihadis’
Ilmiah - Rabu, 17 Mei 2017 - 08:41 WIB

‘Meluruskan Pemahaman Hadis Kaum Jihadis’

Deradikalisasi saat ini terus digencarkan dalam meluruskan pemahaman radikal, terutama kaum Khawarij yang kini mendapat tempat di bumi Nusantara.Badan Nasional ...
Masyarakat tak Perlu Panik Ada Serangan Virus WannaCry
Cyber - Minggu, 14 Mei 2017 - 20:05 WIB

Masyarakat tak Perlu Panik Ada Serangan Virus WannaCry

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengantisipasi penyebaran virus Ransomeware WannaCry dan menghimbau masyarakat tak perlu panik terhadap serangan virus yang kini ...
Sang Legendaris Nokia 3310 Siap Dipasarkan
Seluler - Minggu, 7 Mei 2017 - 10:35 WIB

Sang Legendaris Nokia 3310 Siap Dipasarkan

Setelah dirilis beberapa bulan lalu, HP legendaris Nokia 3310 akhirnya diumumkan resmi bakal meluncur ke pasaran. Dalam akun resmi Twitter ...
Teknologi Militer yang Menjadi Milik Umum
Telekomunikasi - Selasa, 18 April 2017 - 18:22 WIB

Teknologi Militer yang Menjadi Milik Umum

Enkripsi secara eksplisit dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mengubah pesan (informasi) sehingga tidak dapat dilihat ...
Axioo Gelar Lomba Blog Gadget
Teknologi - Kamis, 13 April 2017 - 19:08 WIB

Axioo Gelar Lomba Blog Gadget

Axioo Indonesia ingin melibatkan masyarakat umum serta pengguna produk Axioo pada khususnya untuk menyampaikan pandangan dan ulasannya tentang produk-produk Axioo ...