Sabtu, 24 Juni 2017 | 03.47 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Beberapa Hal Menarik Tentang Emoji Yang Harus Anda Ketahui

Beberapa Hal Menarik Tentang Emoji Yang Harus Anda Ketahui

Reporter : Ary Syahputra | Sabtu, 18 Maret 2017 - 14:33 WIB

IMG-3385

Ilustrasi

kini.co.id – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan emoji. Lambang-lambang yang biasanya digunakan sebagai cerminan emosi penulisnya sering sekali dijumpai, terutama dalam teks dan media sosial.

Namun, emoji ternyata memili beberapa hal menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut beberapa hal menarik tentang emoji dilansir dari BBC, Sabtu (18/3/2017).

1. Menggunakan emoji lebih banyak, mendapat ajakan kencan lebih sering

Di era digital, menggunakan emoji membuat kita menjadi komunikator yang lebih efektif. Kita lebih mampu mengekspresikan diri secara emosional dan lebih mampu mengisyaratkan kepribadian kita. Ini sepertinya berkaitan dengan kenyataan bahwa yang menggunakan lebih banyak emoji, mendapat ajakan berkencan lebih banyak.

2. Kebanyakan emoji yang dikirim adalah emosi positif atau bahagia

Ada sekitar enam miliar emoji yang dikirim setiap hari dan ada sekitar dua miliar ponsel pintar yang digunakan di seluruh dunia. Di Inggris, sebanyak 76% penduduknya memiliki ponsel pintar dan dari jumlah itu, lebih dari 80% menggunakan emoji secara berkala.

Dari enam miliar emoji yang dikirim secara global setiap hari, sekitar 70% merupakan emoji berdasar emosi, misalnya wajah tersenyum, hati yang penuh cinta. Sebagian kecil dari emoji yang dikirim berupa ungkapan kesedihan.

3. Setiap negara memiliki ciri khas emoji tersendiri

Terdapat berbagai perbedaan berdasarkan kelompok budaya dan negara ihwal menggunakan emoji, contohnya:

- Orang-orang Australia paling sering memakai alkohol sebagai emoji dan lambang-lambang yang menunjukan suasana liburan.

- Orang-orang Perancis banyak menggunakan emoji hati penuh cinta, mereka memakainya empat kali lebih banyak dari orang-orang lainnya.

- Orang-orang Rusia cenderung menggunakan emoji dengan tema romantis dibandingkan negara-negara lain.

- Negara-negara berbahasa Arab cenderung lebih banyak menggunakan emoji bunga.

4. Emoji populer yaitu wajah yang dipenuhi tangis kebahagian

Pada tahun 2015, kamus bahasa Inggris Oxford English Dictionary mengumumkan bahwa emoji terfavoritnya adalah ‘Face with Tears of Joy’ atau wajah yang diliputi tangis kebahagiaan. Kamus berbahasa Inggris ini memilih emoji tersebut karena dari sudut bahasa, lambang itu mencerminkan hal-hal terbaik dari yang dialami di tahun yang dilewati.

5. Abraham Lincoln mungkin orang pertama yang menggunakan emoji

Saat menjelaskan perbedaan antara emoticon dan emoji, Profesor Vyv Evans berkomentar soal siapa yang pertama kali menggunakan emoticon ini. Presiden ke-16 Amerika Serikat itu adalah seorang penutur yang berbakat. Pada tahun 1862 ia menulis naskah pidato yang mengandung berbagai hal yang jenaka dan hadirin spontan bertepuk tangan dan tergelak.

Untuk menggambarkan sambutan hadirin, para tipografer menuliskan simbol kedipan, ;) dan belakangan muncul perdebatan apakah simbol ;) itu disengaja atau cuma sebuah kesalahan mengetik.

6. Masa depan emoji

Menurut Profesor Vyv Evans, emoji berkontribusi dalam komunikasi digital yang tanpa emoji tidak akan muncul. Peran emoji sangatlah penting untuk mendorong komunikasi efektif dan memancing respon empatik.

Saat ini, sebuah perusahaan start-up di Silicon Valley tengah mengembangkan sebuah aplikasi untuk emoji dinamis dengan penampilan seperti avatar. Jadi, di masa yang akan datang, pada saat Anda mengirim pesan, mungkin akan ada yang mewakili diri Anda -seperti kartun bergerak- dengan avatar yang akan menampilkan keadaan emosi Anda.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Tips ESET Menghindarkan Anak dari Konten Dewasa di Internet
Pendidikan - Kamis, 22 Juni 2017 - 10:54 WIB

Tips ESET Menghindarkan Anak dari Konten Dewasa di Internet

Internet adalah alat pendidikan yang bagus bagi anak-anak, yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mereka. Namun, dunia maya itu ...
Berkat Keahlian IT, M Fachrin Tembus Program Indonesia Next di Silicon Valley
Pendidikan - Selasa, 20 Juni 2017 - 02:01 WIB

Berkat Keahlian IT, M Fachrin Tembus Program Indonesia Next di Silicon Valley

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan dunia yang semakin cepat, dibutuhkan generasi muda yang mampu dan handal dalam menghadapi berbagai ...
Pernah Gagal, Bintang Thunder Tak Menyerah Raih Mimpinya
Pendidikan - Selasa, 20 Juni 2017 - 01:54 WIB

Pernah Gagal, Bintang Thunder Tak Menyerah Raih Mimpinya

Sesuai dengan namanya, Bintang Thunder atau biasa disapa Bintang mengaku tak pernah lelah dalam mengejar impiannya menjadi bintang bagi masa ...
Nokia 3310 si ‘Ponsel Sejuta Umat ‘Resmi Dijual di Indonesia
Seluler - Kamis, 15 Juni 2017 - 19:19 WIB

Nokia 3310 si ‘Ponsel Sejuta Umat ‘Resmi Dijual di Indonesia

Pihak HMD Global, selaku rumah bagi ponsel Nokia 3310 mengumumkan secara resmi bahwa telepon selular dengan julukan sejuta umat itu ...
Kejahatan Siber Perusahaan Biasanya Dilakukan Karyawan dengan Motiv Dendam
Cyber - Kamis, 15 Juni 2017 - 16:46 WIB

Kejahatan Siber Perusahaan Biasanya Dilakukan Karyawan dengan Motiv Dendam

Berdasarkan riset dari Haystax Technology ditemukan fakta bahwa 74% perusahaan merasa rentan dengan ancaman orang dalam, sementara 56% profesional keamanan ...
3 Tipe Karyawan Penyebab Rentan Bahaya Siber
Cyber - Kamis, 15 Juni 2017 - 16:42 WIB

3 Tipe Karyawan Penyebab Rentan Bahaya Siber

Riset dari Haystax Technology ditemukan fakta bahwa bahwa 74% perusahaan merasa rentan dengan ancaman orang dalam, sementara 56 persen profesional ...