Rabu, 24 Mei 2017 | 11.07 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Ini 3 Bahaya Ngecas Smartphone Dengan Laptop

Ini 3 Bahaya Ngecas Smartphone Dengan Laptop

Reporter : Ade Pane | Selasa, 14 Maret 2017 - 15:01 WIB

IMG-3372

Ilustrasi

kini.co.id – Kebanyakan dari Anda pasti sering mengisi ulang daya baterai smartphone dengan laptop. Selain praktis, Anda juga tidak perlu membawa laptop dan power bank sekaligus.

Memang beberapa laptop telah dibekali dengan gimmick kemampuan untuk nge-charge smartphone. Boleh saja mengisi ulang baterai dengan menggunakan laptop. Namun, lakukan hal tersebut jika hanya dalam keadaan terpaksa atau darurat.

Kenapa? karena ada bahaya yang mengancam jika Anda sering mengisi ulang smartphone dengan laptop. Berikut tiga bahaya jika Anda sering melakukan penge-charge-an melalui laptop, seperti dikutip dari jalantikus.com, Selasa (14/3/2017).

1. Baterai smartphone menjadi cepat rusak

Meski aliran listrik yang dihasilkan oleh laptop bisa digunakan untuk mengisi ulang smartphone, tapi arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop tidaklah kuat. Hal tersebut akan berdampak pada lamanya proses pengisian baterai smartphone.

Kalau sudah begitu, Anda pasti akan menggunakannya sesering mungkin selama proses pengisian daya. Alhasil, umur baterai smartphone pun menjadi tidak awet.

2. Kerusakan pada baterai laptop

Tidak hanya baterai smartphone saja, batera laptop juga ikut terdampak, karena secara teknis laptop menjadi sama dengan power bank. Karena sama dengan power bank, maka baterai laptop juga memiliki life cycle atau siklus hidup. Sehingga menggunakan laptop sambil mengisi ulang smartphone, baterai laptop Anda otomatis akan menjadi cepat aus.

Hal ini terjadi karena saat digunakan mengisi ulang smartphone, baterai laptop jadi cepat habis, sehingga membuatnya juga harus cepat diisi ulang. Semakin sering diisi ulang, siklus hidup baterai laptop pun semakin cepat berkurang.

3. Rawan Pencurian Data

Dengan menggunakan proses ‘Handshake’ atau proses pairing antara smartphone dengan laptop ketika saling terhubung, hacker bisa mencuri data smartphone yang diisi ulang menggunakan laptop. Hal ini terjadi karena proses ‘Handsake’ membuat data nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, daftar file, hingga elektronik chip ID smartphone terbaca oleh laptop.

Nah, proses ini membuka kesempatan hacker untuk mencuri data di smartphone. Dengan memanfaatkan command khusus yang bertugas untuk meng-install sistem root pada smartphone, hacker bisa dengan mudah mencuri semua data yang ada di smartphone Anda.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Yuk Intip Bocoran Desain Apple iPhone 8
Seluler - Kamis, 18 Mei 2017 - 16:43 WIB

Yuk Intip Bocoran Desain Apple iPhone 8

Setelah pesaingnya Samsung tengah menyiapkan ponsel berkamera ganda pertama, Apple dengan iPhone 8 tak mau kalah dengan desain eksentriknya yang ...
‘Meluruskan Pemahaman Hadis Kaum Jihadis’
Ilmiah - Rabu, 17 Mei 2017 - 08:41 WIB

‘Meluruskan Pemahaman Hadis Kaum Jihadis’

Deradikalisasi saat ini terus digencarkan dalam meluruskan pemahaman radikal, terutama kaum Khawarij yang kini mendapat tempat di bumi Nusantara.Badan Nasional ...
Masyarakat tak Perlu Panik Ada Serangan Virus WannaCry
Cyber - Minggu, 14 Mei 2017 - 20:05 WIB

Masyarakat tak Perlu Panik Ada Serangan Virus WannaCry

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengantisipasi penyebaran virus Ransomeware WannaCry dan menghimbau masyarakat tak perlu panik terhadap serangan virus yang kini ...
Hadapi Ransomware WannaCry, Ini Saran ESET Indonesia
Cyber - Minggu, 14 Mei 2017 - 19:32 WIB

Hadapi Ransomware WannaCry, Ini Saran ESET Indonesia

Virus malware ransomware WannaCry yang menyerang berbagai perusahaan di seluruh dunia termasuk di Indonesia menyebabkan korban berjatuhan dalam jumlah besar.Ransomware ...
Sang Legendaris Nokia 3310 Siap Dipasarkan
Seluler - Minggu, 7 Mei 2017 - 10:35 WIB

Sang Legendaris Nokia 3310 Siap Dipasarkan

Setelah dirilis beberapa bulan lalu, HP legendaris Nokia 3310 akhirnya diumumkan resmi bakal meluncur ke pasaran. Dalam akun resmi Twitter ...
Teknologi Militer yang Menjadi Milik Umum
Telekomunikasi - Selasa, 18 April 2017 - 18:22 WIB

Teknologi Militer yang Menjadi Milik Umum

Enkripsi secara eksplisit dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mengubah pesan (informasi) sehingga tidak dapat dilihat ...