Senin, 18 Desember 2017 | 13.44 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Ini 3 Bahaya Ngecas Smartphone Dengan Laptop

Ini 3 Bahaya Ngecas Smartphone Dengan Laptop

Reporter : Ade Pane | Selasa, 14 Maret 2017 - 15:01 WIB

IMG-3372

Ilustrasi

kini.co.id – Kebanyakan dari Anda pasti sering mengisi ulang daya baterai smartphone dengan laptop. Selain praktis, Anda juga tidak perlu membawa laptop dan power bank sekaligus.

Memang beberapa laptop telah dibekali dengan gimmick kemampuan untuk nge-charge smartphone. Boleh saja mengisi ulang baterai dengan menggunakan laptop. Namun, lakukan hal tersebut jika hanya dalam keadaan terpaksa atau darurat.

Kenapa? karena ada bahaya yang mengancam jika Anda sering mengisi ulang smartphone dengan laptop. Berikut tiga bahaya jika Anda sering melakukan penge-charge-an melalui laptop, seperti dikutip dari jalantikus.com, Selasa (14/3/2017).

1. Baterai smartphone menjadi cepat rusak

Meski aliran listrik yang dihasilkan oleh laptop bisa digunakan untuk mengisi ulang smartphone, tapi arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop tidaklah kuat. Hal tersebut akan berdampak pada lamanya proses pengisian baterai smartphone.

Kalau sudah begitu, Anda pasti akan menggunakannya sesering mungkin selama proses pengisian daya. Alhasil, umur baterai smartphone pun menjadi tidak awet.

2. Kerusakan pada baterai laptop

Tidak hanya baterai smartphone saja, batera laptop juga ikut terdampak, karena secara teknis laptop menjadi sama dengan power bank. Karena sama dengan power bank, maka baterai laptop juga memiliki life cycle atau siklus hidup. Sehingga menggunakan laptop sambil mengisi ulang smartphone, baterai laptop Anda otomatis akan menjadi cepat aus.

Hal ini terjadi karena saat digunakan mengisi ulang smartphone, baterai laptop jadi cepat habis, sehingga membuatnya juga harus cepat diisi ulang. Semakin sering diisi ulang, siklus hidup baterai laptop pun semakin cepat berkurang.

3. Rawan Pencurian Data

Dengan menggunakan proses ‘Handshake’ atau proses pairing antara smartphone dengan laptop ketika saling terhubung, hacker bisa mencuri data smartphone yang diisi ulang menggunakan laptop. Hal ini terjadi karena proses ‘Handsake’ membuat data nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, daftar file, hingga elektronik chip ID smartphone terbaca oleh laptop.

Nah, proses ini membuka kesempatan hacker untuk mencuri data di smartphone. Dengan memanfaatkan command khusus yang bertugas untuk meng-install sistem root pada smartphone, hacker bisa dengan mudah mencuri semua data yang ada di smartphone Anda.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur
Teknologi - Rabu, 13 Desember 2017 - 18:02 WIB

Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur

Uber Technologies Inc, resmi menunjuk Monika Rudijono sebagai Presiden Uber Indonesia, menggantikan Alan Jiang.Chief Business Officer, Uber Asia Pacific Brooks ...
Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel
Teknologi - Senin, 11 Desember 2017 - 19:22 WIB

Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Setelah Wikipediamencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, kini giliran Google Maps melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah milik Google tersebut dibanjiri ...
Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai
Teknologi - Rabu, 6 Desember 2017 - 11:49 WIB

Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai

Western Digital (WD) kembali memperluas solusi perangkat penyimpanan mobile mereka dengan meluncurkan SanDisk iXpandTM Base.Produk baru ini disebut sangat cocok ...
Facebook paling banyak digunakan sebar SARA
Teknologi - Senin, 27 November 2017 - 21:56 WIB

Facebook paling banyak digunakan sebar SARA

Polri menyebutkan dari sejumlah media sosial yang kerap digunakan netizen tanah air, Facebook dinilai menjadi aplikasi media sosial yang paling ...
Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR
Ilmiah - Kamis, 23 November 2017 - 13:24 WIB

Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR

Para ilmuwan memprediksi akan terjadi gempa global pada tahun 2018 mendatang. Gempa yang terjadi tersebut diprediksi berskala besar, minimal berkekuatan ...
Mining Scrip Servernya Sempat  di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu
Teknologi - Rabu, 22 November 2017 - 15:11 WIB

Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Situs Beritasatu Selasa (21/11) pagi sempat diretas dan mengalami injection script pada salah satu server ads-nya. Peretas menginjeksikan secara ilegal script untuk mengaktifkan malware script web-base crypto-mining, ...