Sabtu, 16 Desember 2017 | 15.55 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Detektor Keringat Ini Bisa Cek Kesehatan Lho!

Detektor Keringat Ini Bisa Cek Kesehatan Lho!

Reporter : Bambang Medy | Kamis, 8 Desember 2016 - 08:28 WIB

IMG-3250

Sensor ini lembut di kulit dirancang untuk menangkap, mengumpulkan dan menganalisis keringat. (Ist)

Evanston, kini.co.id – Bayangkan jika anda akan melakukan cek kesehatan semudah anda menempelkan stiker pada kulit anda. Sebuah studi baru baru ini telah menemukan sensor kecil yang dapat membaca masalah yang terjadi di dalam tubuh anda.

Sensor ini mengambil kadar keringat yang dapat menyampaikan informasi tentang kesehatan anda secara nirkabel ke smartphone. Seperti yang dikutip dari livescience.com .

Jenis sensor wearable ini bisa bekerja sebagai alternatif untuk tes darah yang mendeteksi kesehatan anda dalam satu hari.

Menurut penelitian, keringat merupakan bahan kimia yang kaya molekul dari ion yang sederhana bermuatan listrik yang bersumber dari protein yang secara lebih kompleks dapat menjelaskan kejadian dalam tubuh manusia.

“Dokter dapat menggunakan keringat untuk mendiagnosa penyakit tertentu, mengungkap penggunaan narkoba dan mengungkapkan wawasan kinerja atletik. Keringat juga dapat dikumpulkan jauh lebih invasif dari darah,” kata penulis senior studi John Rogers, seorang ilmuwan material dan direktur Northwestern University Center for Bio-Integrated Electronics di Evanston, Illinois.

Dalam studi baru baru ini, para ilmuwan menanamkan sensor kimia dan perangkat lain ke dalam disc karet silikon yang lembut dan fleksibel, ukuran dan ketebalannya seperempat dari bidang lengan yang dapat dengan mudah menempel pada kulit.Perangkat ini dirancang untuk penanda kesehatan.

“Kami telah mengembangkan berbagai perangkat kulit tipis, lembut dan fleksibel sebagai platform generasi berikutnya untukteknologi dapat dipakai selama beberapa tahun sekarang,”

“Sekarang, kami telah mengembangkan alat tersebut untuk menangkap dan menganalisa keringat.”

Perangkat “mikrofluida” dirancang untuk cairan, secara khusus, sensor mengarahkan keringat bawah sejumlah saluran mikroskopis dengan ukuran 0,02 inci (0,5 milimeter) lebar ke kompartemen sekitar 0,16 inci (4 mm).

Masing-masing ruang ini mengukur biomarker tertentu, seperti pH, laktat, klorida dan kadar glukosa . Harga sensor dipasarkan senilai $ 1,50 per perangkat.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur
Teknologi - Rabu, 13 Desember 2017 - 18:02 WIB

Uber tunjuk Monika Rudijono, Presiden direktur

Uber Technologies Inc, resmi menunjuk Monika Rudijono sebagai Presiden Uber Indonesia, menggantikan Alan Jiang.Chief Business Officer, Uber Asia Pacific Brooks ...
Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel
Teknologi - Senin, 11 Desember 2017 - 19:22 WIB

Google Maps ikuti jejak Wikipedia akui Yerusalem Ibu Kota Israel

Setelah Wikipediamencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, kini giliran Google Maps melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah milik Google tersebut dibanjiri ...
Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai
Teknologi - Rabu, 6 Desember 2017 - 11:49 WIB

Sandisk iXpand Base, hadirkan penyimpanan sekaligus isi ulang baterai

Western Digital (WD) kembali memperluas solusi perangkat penyimpanan mobile mereka dengan meluncurkan SanDisk iXpandTM Base.Produk baru ini disebut sangat cocok ...
Facebook paling banyak digunakan sebar SARA
Teknologi - Senin, 27 November 2017 - 21:56 WIB

Facebook paling banyak digunakan sebar SARA

Polri menyebutkan dari sejumlah media sosial yang kerap digunakan netizen tanah air, Facebook dinilai menjadi aplikasi media sosial yang paling ...
Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR
Ilmiah - Kamis, 23 November 2017 - 13:24 WIB

Ngeri! Ilmuwan Prediksi Ada 20 Gempa Besar di 2018, Minimal 7 SR

Para ilmuwan memprediksi akan terjadi gempa global pada tahun 2018 mendatang. Gempa yang terjadi tersebut diprediksi berskala besar, minimal berkekuatan ...
Mining Scrip Servernya Sempat  di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu
Teknologi - Rabu, 22 November 2017 - 15:11 WIB

Mining Scrip Servernya Sempat di Retas, Ini Penjelasan Beritasatu

Situs Beritasatu Selasa (21/11) pagi sempat diretas dan mengalami injection script pada salah satu server ads-nya. Peretas menginjeksikan secara ilegal script untuk mengaktifkan malware script web-base crypto-mining, ...