Kamis, 17 Agustus 2017 | 22.19 WIB
KiniNEWS>SainsTek>Teknologi>Detektor Keringat Ini Bisa Cek Kesehatan Lho!

Detektor Keringat Ini Bisa Cek Kesehatan Lho!

Reporter : Bambang Medy | Kamis, 8 Desember 2016 - 08:28 WIB

IMG-3250

Sensor ini lembut di kulit dirancang untuk menangkap, mengumpulkan dan menganalisis keringat. (Ist)

Evanston, kini.co.id – Bayangkan jika anda akan melakukan cek kesehatan semudah anda menempelkan stiker pada kulit anda. Sebuah studi baru baru ini telah menemukan sensor kecil yang dapat membaca masalah yang terjadi di dalam tubuh anda.

Sensor ini mengambil kadar keringat yang dapat menyampaikan informasi tentang kesehatan anda secara nirkabel ke smartphone. Seperti yang dikutip dari livescience.com .

Jenis sensor wearable ini bisa bekerja sebagai alternatif untuk tes darah yang mendeteksi kesehatan anda dalam satu hari.

Menurut penelitian, keringat merupakan bahan kimia yang kaya molekul dari ion yang sederhana bermuatan listrik yang bersumber dari protein yang secara lebih kompleks dapat menjelaskan kejadian dalam tubuh manusia.

“Dokter dapat menggunakan keringat untuk mendiagnosa penyakit tertentu, mengungkap penggunaan narkoba dan mengungkapkan wawasan kinerja atletik. Keringat juga dapat dikumpulkan jauh lebih invasif dari darah,” kata penulis senior studi John Rogers, seorang ilmuwan material dan direktur Northwestern University Center for Bio-Integrated Electronics di Evanston, Illinois.

Dalam studi baru baru ini, para ilmuwan menanamkan sensor kimia dan perangkat lain ke dalam disc karet silikon yang lembut dan fleksibel, ukuran dan ketebalannya seperempat dari bidang lengan yang dapat dengan mudah menempel pada kulit.Perangkat ini dirancang untuk penanda kesehatan.

“Kami telah mengembangkan berbagai perangkat kulit tipis, lembut dan fleksibel sebagai platform generasi berikutnya untukteknologi dapat dipakai selama beberapa tahun sekarang,”

“Sekarang, kami telah mengembangkan alat tersebut untuk menangkap dan menganalisa keringat.”

Perangkat “mikrofluida” dirancang untuk cairan, secara khusus, sensor mengarahkan keringat bawah sejumlah saluran mikroskopis dengan ukuran 0,02 inci (0,5 milimeter) lebar ke kompartemen sekitar 0,16 inci (4 mm).

Masing-masing ruang ini mengukur biomarker tertentu, seperti pH, laktat, klorida dan kadar glukosa . Harga sensor dipasarkan senilai $ 1,50 per perangkat.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita SainsTek Terkini Lainnya
Solusi Perkuat Keamaan Password Anda di komputer
Cyber - Kamis, 10 Agustus 2017 - 18:23 WIB

Solusi Perkuat Keamaan Password Anda di komputer

Banyak pengguna komputer masih membuat kesalahan yang sama dengan menggunakan password serupa di banyak akun, seperti menggunakan password perusahaan untuk ...
Heboh ‘Eta Terangkanlah’, Netter: Aneh Dikit Viral
Cyber - Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:56 WIB

Heboh ‘Eta Terangkanlah’, Netter: Aneh Dikit Viral

Frasa "Eta Terangkanlah" kini menghiasi jagad media sosial. Hampir di semua media sosial orang menyebut frasa itu. Baik dalam berkomentar ...
Website yang Pakai Iklan Mengganggu Bakal Ditindak Google
Cyber - Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:24 WIB

Website yang Pakai Iklan Mengganggu Bakal Ditindak Google

Bermacam iklan yang muncul di website merupakan sumber pendapatan keuangan. Namun tak jarang iklan-iklan tersebut malah mengganggu pengunjung.Pengunjung yang berniat ...
Waduh, Sambil Bawa Anak Ibu Ini Seret Suami yang Lagi Nyawer Biduan
Cyber - Selasa, 8 Agustus 2017 - 16:42 WIB

Waduh, Sambil Bawa Anak Ibu Ini Seret Suami yang Lagi Nyawer Biduan

Lagi asyik berjoged dan menyawer biduan cantik di sebuah acara hajatan, seorang pria didatangi istrinya.Sambil menggendong anak sang istri lantas ...
Berfoto Pegang Anu Tapir, Gadis Ini Dihujat
Cyber - Selasa, 8 Agustus 2017 - 14:50 WIB

Berfoto Pegang Anu Tapir, Gadis Ini Dihujat

Berselfie di semua tempat adalah hobi kaum muda di zaman serba digital ini.Hal itu pulalah yang dilakukan Hazreen Syafiela (25) ...
Warga Indonesia Bisa Lihat Gerhana Bulan Malam Ini
Ilmiah - Senin, 7 Agustus 2017 - 09:45 WIB

Warga Indonesia Bisa Lihat Gerhana Bulan Malam Ini

Bagi yang gemar mengamati benda langit, malam ini akan menjadi malam yang menyenangkan. Pasalnya, malam ini akan terjadi fenomena langka ...